TAO KAE NOI SNACK RUMPUT LAUT THAILAND HALAL

pertandingan sepakbola antara indonesia vs thailand selalu saja terasa panas, terutama ketika melihat piala AFF dan SEA GAMES kemarin. ugh… menyebalkan sekali sih orang thailand itu, hehehe… tapi untuk makanan termasuk cemilan, banyak produk dari thailand yang bersertifikat halal, sehingga rasanya lebih mudah mencari produk halal thailand ketimbang indonesia. makanya kita berharap sekali pemerintah mendukung upaya sertifikasi halal produk-produk makanan yang beredar di indonesia.

snack ini disebut nori yang terbuat dari rumput laut dan biasa digunakan untuk sushi. ‘tao kae noi’ merknya, rumput laut yang kering dan renyah. ada di film thailand yang billionaire itu ya? :) sebenarnya sudah lama cemilan ini hadir di indonesia, agak mahal sih. tersedia dalam kemasan kecil dan besar. dijual di rumah buah – gading serpong tangerang. ada juga merk ‘taberu’ dan keduanya sertifikasi halal thailand. yang satu mengandung MSG sedangkan yang lain tidak mengandung MSG.

keterangan: logo halal terletak di pojok kiri bawah kemasan.

update:

hari ini aku ke hypermart dan melihat tao kae noi ukuran kecil dan besar dijual disana tapi keduanya nggak memiliki logo halal thailand. so, beware yach… teliti dengan logo halal. ternyata ada 2 jenis tao kae noi. dibawah ini gambar-gambar tao kae noi tanpa logo halal yang dijual di hypermart:

tao kae noi kecil tanpa logo halal

tao kae noi kecil tanpa logo halal tampak belakang

2013-02-18 17.50.17

tao kae noi besar tanpa logo halal tampak belakang  tao kae noi tanpa logo halal

14 thoughts on “TAO KAE NOI SNACK RUMPUT LAUT THAILAND HALAL

    • setahu saya tao kae noi ini belum ada yang jual online. tapi ada snack rumput laut buatan indonesia merk mama suka yang dijual di alfamart. bentuk dan rasanya hampir sama dgn tao kae noi. bedanya tao kae noi lebih gurih sedangkan mama suka rasanya lebih alami, tapi keluarga saya lebih suka dgn nori merk mama suka. nori merk mama suka ini bisa jadi alternatif jika merk tao kae noi sulit didapat.

      terimakasih udah mampir di blog saya :)

  1. saya juga beli di hypermart dan setelah diliat memang tidak ada logo halalnya, cuma saya liat komposisinya ada bahan E627 dan E631, menurut https://www.facebook.com/notes/must-be-halal/panduan-halal-haram-ingredient-makanan-minuman/10150117927308652 (baca di bagian komentar) disebutkan 627 (sodium guanylate) dan 631 (sodium inosinate) insya Allah halal dipakai/ditambahkan dalam produk makanan.

    dikemasan juga ada nomor dari BPOM jadi kalo menurut saya, aman untuk dikonsumsi oleh muslim (setidaknya menurut saya dan sejauh pengetahuan saya)

    • komposisinya banyak, nggak hanya E627 dan E631, jadi untuk bahan yg lain masih jadi bahan pertanyaan mengenai halal atau tidaknya, diperlukan lembaga otorisasi halal (seperti majelis ulama indonesia) yg mempunyai ilmu dan kapasitas untuk mengaudit bahan2 tersebut dan menentukan hasilnya.

  2. Terus gimana??? Niii sya beli yg rasa crispy seaweed .. G ad LOGO HALAL nya !!!!!!!

    Sya mau buang mubazir.. Saya mau makan saya takut !!!! Gmn donggg

      • Itu benar2 ga halal? ya Allah..
        Saya jg baru beli tao kae noi original yg persis seperti gambar diatas, awalnya saya memang ingin coba tp pas sampai rumah kaget pas merhatiin kemasan termasuk komposisinya ternyata dibagian depan dibawah kirinya ada penutup putih saya langsung aneh loh apa ini akhirnya saya buka dan ternyata dibalik penutup aneh itu ternyata itu cap halal setelah diam beberapa lama sambil merhatiin cap halalnya itu baru ngeh loh kenapa cap halalnya ditutup nah mulai curiga saya, kenapa harus ditutup saya bingung sama takut akhirnya saya buka google ternyata memang ramai dibicarakan tentang itu, tp masih bingung soalnya ada yg bilang haram tp ada jg yg bilang halal, wah saya bingung..
        Antara sayang karna udah dibeli dan memang harganya jg waw lumayan.. tp kemungkinan besar akan saya buang soalnya rasa takut saya udah besar jd lebih baik dibuang harga ga seberapa dibanding sama pertanggung jawaban kita sama yang di atas. Dan saya jg baru ngeh kalau pas belinya mas2nya kaya yg aneh, kebetulan saya pakai jilbab. Nah loh kenapa itu.. saya baru sadar..

      • makasih atas komentarnya, sayang banget memang sekarang produk tsb udah ga mencantumkan label halal lagi pd kemasannya, mungkin sertifikat halalnya udah kadaluarsa & ga diperpanjang lagi, di indonesia sebuah produk yg sudah tdk punya sertifikat halal, tdk diperkenankan memasang label halal pada kemasan produk (dari lembaga otoritas halal negara yg bersangkutan), mungkin aturan yg sama diterapkan juga di negara asal produk tsb yaitu thailand.

        snack rumput laut sekarang ada 2 merk lain yg punya label halal yaitu “mama suka” dari indonesia dan “taberu” dari malaysia, insyaallah nanti mau di review.

  3. yah.. baru beli nih.. pengen beli yg merk mama suka tapi gk ada di hypermart jadi diapain nih tao kae noi nya…??

Leave a Reply

