BENARKAH SAMBAL TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN?

now we’re gonna talking about chilli paper and dried shrimp, atau sambal dan terasi. selama ini orang mengira bahwa sambal merupakan makanan tidak sehat makanya orangtua kita selalu menyarankan untuk mengkonsumsi sambal dalam jumlah sedikit. namun tahukah kita apa penyebabnyat? simak hasil penelusuran dibawah ini:

1. kandungan pewarna pada terasi

jika suatu hari kita melihat sambal berwarna merah, maka kita patut waspada karena biasanya warna merah tersebut berasal dari rhodamin-B yang penggunaannya dilarang oleh departemen kesehatan.

2. bahan baku utama terasi, yaitu udang/ikan yang tidak fresh, idealnya sebelum proses pembuatan terasi dimulai, udang/ikan dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih, setelah itu baru dimulai proses penjemuran dll.

3. tempat dan peralatan yang tidak bersih, inipun bisa menjadi penyebab terasi tidak sehat, pastinya kita tidak mau kan mengkonsumsi terasi yang tercemar bakteri salmonella dan kawan-kawannya?🙂

karena itu pastikan kita membeli terasi yang memiliki izin departemen kesehatan, selain sehat, tidak beracun, komposisi dan nutrisi yang terkandung tertulis jelas di kemasan, juga  terdapat tanggal kadalurasa. sehingga kita bisa mengkonsumsi sambal tanpa rasa khawatir🙂

2 thoughts on “BENARKAH SAMBAL TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s