BAHAN HALAL UNTUK CAKE, COOKIES, PIZZA, DONUT, DLL.

PERHATIAN: MOHON ANDA CEK KEMBALI APAKAH LOGO HALAL MASIH ADA ATAU TIDAK. produsen bisa memperpanjang sertifikat halal dan bisa juga berhenti (sertifikat halal berlaku 2 tahun), kami sebagai blogger hanya menyajikan tulisan, tidak bisa memantau jutaan produk.

dibawah ini merupakan bahan kue bersertifikat halal yang aku pakai, mudah-mudahan berguna untuk mereka yang ingin membuat kue untuk keluarga tercinta tetapi kebingungan mencari bahan halal. oya, walaupun ada fasilitas searching produk di http://www.direktorihalal.com namun kadang-kadang ada juga produk yang masih belum ada di daftar, apalagi http://www.direktorihalal.com “hanya” menyediakan info produk halal untuk wilayah lokal.

tebu lapan; gula halus/gula tepung sertifikat halal indonesia; aku beli di pasar kelapa dua, jl dayung raya, kelapa dua tangerang.

cokelat halal collata, flamboyant dan marley, banyak dijual di toko bahan kue.

collata; dark compound chocolate, dark coating chocolate, chocolate chips sertifikat halal indonesia. produk ini mudah didapat di toko bahan kue, supermarket & hypermarket seluruh indonesia.

marley; dark compound chocolate, dark coating chocolate sertifikat halal indonesia. aku pernah beli di lotte tangerang.

flamboyant; dark cooking chocolate sertifikat halal indonesia. aku pernah beli di lotte.

repacker; emulsifier sertifikat halal indonesia. dijual di ruko pasar modern kelapa dua tangerang.

fiesta icing sugar; gula donat untuk taburan kue-kue dan produk pastry. aku beli di toserba gading.

baros; keju mozarella sertifikat halal indonesia. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong tangerang.

greenfields, keju mozarella halal majelis ulama indonesia, dijual di hypermart dan lottemart.

haan whippy cream; whipped cream sertifikat halal indonesia. dijual di toserba gading & farmer’s market summarecon mall serpong tangerang.


maizenaku; tepung jagung sertifikat halal indonesia. dijual di toserba gading & farmer’s market summarecon mall serpong, supermall lippo karawaci dan di banyak toko bahan kue serta supermarket & hypermarket lainnya.

gasol; tepung beras cianjur organik sertifikat halal indonesia, mungkin ada diantara ibu-ibu yang ingin menyajikan menu sehat organik pengganti tepung terigu πŸ™‚ dijual di green shop ruko pasar modern sinpasa gading serpong tangerang, farmer’s market dan supermarket lain.

kara coconut powder; bubuk santan kelapa sertifikat halal indonesia, dijual di lotte (ukuran besar) dan rumah buah gading serpong (ukuran kecil) tangerang.

bumas; santan kelapa siap pakai sertifikat halal indonesia, dijual di farmer’s market summarecon mall serpong.

sun kara; santan kelapa siap pakai sertifikat halal indonesia, dijual di farmer’s market summarecon mall serpong, hypermart, giant dan toko-toko serta supermatket & hypermarket lain.

orchid butter; mentega sertifikat halal indonesia. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong, supermall lippo karawaci dan di banyak toko bahan kue serta supermarket & hypermarket lainnya.

anchor; mentega putih sertifikat halal new zealand. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong.

paletta; selai strawberry bertekstur lembut dan lezat sertifikat halal indonesia. dijual di ruko pasar modern kelapa dua tangerang.

l’arome bumbu spekuk; sertifikat halal indonesia, dijual di toko bahan kue puspita ruko bumi serpong damai.

l’arome perisa & pewarna mocha, cokelat, strawberry, tiramisu, pandan; sertifikat halal indonesia, dijual di toko bahan kue puspita ruko bumi serpong damai.

l’arome perisa vanilla & susu; sertifikat halal indonesia, dijual di toko bahan kue puspita ruko bumi serpong damai.

bella; meises sertifikat halal indonesia. harga lebih murah dari ceres tapi memiliki kelezatan yang sama. dijual di alfa midi tangerang

tulip; meises sertifikat halal indonesia. dijual di alfamart dan indomaret.

safari; meises sertifikat halal indonesia. dijual di alfamart dan indomaret.

cheesy; keju cheddar, keju edam & keju krim sertifikat halal indonesia. dijual toko bahan kue, supermarket & hypermarket seluruh indonesia.

diamond; keju cheddar sertifikat halal indonesia. dijual di toko bahan kue, supermarket & hypermarket seluruh indonesia.

baker’s bonus A; pengembang roti sertifikat halal indonesia. dijual di farmer’s market.

bakerine plus; penghalus dan pengempuk adonan untuk roti, donat dan bakpao sertifikat halal indonesia. dijual di toko bahan kue lychee ruko gading serpong tangerang.

fermipan; ragi instant sertifikat halal perancis. dijual di toserba gading & farmer’s market summarecon mall serpong (update: sekarang sudah tidak berlogo halal)

saf instant; ragi instant sertifikat halal usa. dijual di toserba gading & farmer’s market summarecon mall serpong (update: sekarang sudah tidak berlogo halal)

mauri-pan: ragi instant halal majelis ulama indonesia, produk lokal dengan harga lebih murah dan konsisten dengan logo halal. bisa dibeli di toko bahan kue terdekat.

java; kakao/cokelat bubuk sertifikat halal indonesia, dijual di farmer’s market summarecon mall serpong.

yummy garlic cheese spread: krim keju dengan bawang putih, sertifikat halal indonesia.  dijual di farmer’s market summarecon mall serpong.

yummy mascarpone italian desert cheese; krim keju mascarpone sertifikat halal indonesia.  dijual di farmer’s market summarecon mall serpong.

ibis; lesitin sertifikat halal usa. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong tangerang.

dairy champ; susu evaporasi sertifikat halal malaysia. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong & toko bahan kue puspita ruko bumi serpong damai.

marigold; susu evaporasi sertifikat halal singapura. dijual di farmer’s market summarecon mall serpong tangerang.

trans; pewarna makanan sertifikat halal malaysia. dijual di toko bahan kue cece ruko gading serpong, toko bahan kue puspita ruko bumi serpong damai & toko online http://amira-bakingshop.blogspot.com

hercules tepung custaard; dijual di toko bahan kue cece bakery di ruko gading serpong tangerang.

hercules baking powder; dijual di toko bahan kue cece bakery di ruko gading serpong tangerang.

camry; timbangan digital, sangat membantu proses pembuatan kue karena sangat akurat, dijual di ruko sinar baru pasar kelapa dua tangerang.

tidak semua produsen mengeluarkan produk halal untuk semua produknya, ada yang mengeluarkan 2 jenis produk bersertifikat halal dan yang belum bersertifikat halal. contohnya haan, wippy cream sudah mengantongi sertifikat halal namun self rising flournya belum ada logo halal. juga fermipan & saf instan kemasan besar di lotte tidak ada logo halalnya, logo halal hanya ada pada kemasan sachet, tidak jelas apakah serrtifikat diperpanjang atau tidak, serta anchor kemasan besar hanya ada tulisan halal namun bukan logo halal new zealand.

satu lagi yang paling penting, selalu cek masa berlaku sertifikat halal hanya 2 tahun, apakah sudah diperbaharui atau sudah kadaluarsa.

Advertisements

76 Comments Add yours

  1. irma says:

    assalamu’alaikum…
    ibu, mau bertanya bagaimana ibu mengecek status periode masa berlakunya sertifikat halal kalo sertifikat dikeluarkan oleh negara lain (produk luar) ?
    Terimakash.

    1. ukhtiana's daily products says:

      dengan melihat pada kemasannya saja, apakah terdapat logo halal atau tidak, karena sebuah produk yang sertifikatnya kadaluarsa sudah tidak diperkenankan mencantumkan logo halal. bisa juga dengan menanyakan langsung kepada pramuniaga, kita bisa memintanya untuk memperlihatkan foto copy sertifikat halal.

    2. Lily says:

      Assalam mualaikum mba saya mo tanya saya suka beli mentega putih australi yg sering saya beli. Saya beli di pasar jati negara, kramat jati dan pasar pondok gede. MPA ini halal ga ya mba, dan semua produk kupu2 sdh sdh halal semua blm ya karena saya memakai produk ini. Terus mba meman van hoten ga halal jg ya saya selalu pakai ini mba. Tolong petunjuknya mentega putih yg halal saya bs beli dimana dan produk2 apa saja yg haru saya beli. Trims ya mba maaf saya byk nanya.

      1. Hai mbak lily. Makasih atas ptnynnya. Maaf saya blm prnh dengar mentega putih MPA. Saya hanya tau merk anchor buatan mew zealand yg fotonya ada pd artikel.

        Koepoe2 sdh halal th 2011 mohon lihat kemasannya yg sdh berlogo halal ya mba.

        Tempat2 yg jual persisnya saya kurang tau hanya info yg terdpt di artikel aja. Makasih

      2. Oya, merk vam houten saya kurang tau ya apakah sdh halal atau blm. Tapi saya tau ada 3 merk lain yg sdh halal yaitu merk orchid (banyal supermarket yg jual merk ini), golden churn dan pure creamery butter. 2 merk terakhir buatan new zealand dan kebetulan saya lihat di superindo, kalo tempat lain saya kurang tau dimana aja merk2 ini dijua. Makasih.

  2. rossy says:

    maaf ibu, kalau butter wijsman B itu sudah halal belum ya…? dikalengnya tdk ada label halal…tapi penjual bilang sudah ada sertifikat halal dari HFFI…

    jazakillah khairan katsiron

    1. ukhtiana's daily products says:

      setahu saya sertifikat halal yg dikeluarkan HFFIA itu sudah kadaluarsa (th 2005). pd th 2011 ini mentega wisjman blm perbaharui sertifikat halalnya. kalau ingin info lebih lanjut, mungkin alamat dibawah ini bisa membantu:

      Halal Feed and Food Inspection Authority (HFFIA), Netherlands

      Address: Fijnjekade 225
      City: The Hague
      Postal Code: 2521 DT
      State/Province: NA
      Country: Netherlands
      Telephone(s): 0031-(0)70-364 91 91
      Fax: 0031-(0)70- 364 54 60
      Email: info@halal.nl

      trims. wassalam.

  3. mels says:

    infonya berguna sekalii..terimakasih πŸ™‚

    1. ukhtiana's daily products says:

      iya, sama2 bu πŸ™‚

  4. Asm. infonya sangat bermanfaat, memng betul mb sore td saya pergi k toko bahan kue dan roti tnyata bahan yang ada halal mui nya sangat sedikit skali,

  5. Nawaina Brownies says:

    mbak, infonya sangat membantu…saya share dengan yang lain ya.. di facebook saya..
    Nawaina Brownies…

    1. ukhtiana's daily products says:

      Silahkan… Dengan senang hati πŸ™‚ terimakasih sudah mampir.

  6. miya says:

    yang dicari ketemu juga.. ragu menggunakan baking powder setelah membaca artikel dari blog teman. Di sana ditulis bahwa baking powder terbuat dari bahan2 yang salah satunya bisa jadi adalah cream of tar tar yang sudah cukup jelas ketidakhalalannya.
    Syukur alhamdulillah (“,) makasih ya mba, artikel ini sangat membantu saya.
    Sepertinya ga susah cari baking powder merek hercules di kota kecilku ini.. πŸ™‚

    1. ukhtiana's daily products says:

      Alhamdulillah, saya juga ikut senang. Terimakasih juga udah mampir ke blog saya πŸ™‚

  7. ummu faiza says:

    bgmn cr ngecek masa berlaku halalnya?jd,apkh mntga wijsman haram?trims atas pnjlasannya.

  8. ummu faiza says:

    hmm,maaf mb,tnpa melihat pertanyaan2 sblmnya sy menanyakan lagi dg prtnyaan yg sm.
    Bnr2 blog yg brmnfaat.jzklh khr

    1. ukhtiana's daily products says:

      Amien. Wah, terimakasih juga ya sudah mampir? Semoga info2nya bermanfaat πŸ™‚

  9. nanny says:

    ibu saya mau tanya orchid butter itu masih halal ndak? krn saya lihat di buletin tidak terdaftar tetapi di kalengnya masih menampilkan logo halal MUI, terima kasih atas infonya saya tunggu balasannya, kalau boleh di balas ke email saja krn saya sering lupa sudah bertanya ke blog mana saja

    1. ukhtiana's daily products says:

      Kalau label halal MUI masih ada berarti dia halal karena produk yg sertifikat halalnya kadaluarsa/habis tidak diperkenankan memasang label halal MUI pada kemasan produk. Info lebih jelas baiknya berlangganan jurnal halal MUI aja biar selau update info produknya.

      1. sapta says:

        bagaimana cara berlangganan jurnala halal MUI, Bu?

        1. dulu saya pernah langganan jurnal halal MUI dg langsung datang ke kantornya, saya sendiri disini perannya hanya sebagai konsumen, mungkin untuk info jelasnya bisa langsunng check ke website MUI http://mui.or.id silahkan πŸ™‚

  10. rini says:

    aslmmm….ukh kalo room buter itu halal apa haram ya? jzklh

    1. ukhtiana's daily products says:

      Tergantung merknya. Roombutter kan sebetulnya bhs belanda artinya mentega. Biasanya merk yg halal ya ada logo halalnya. Terimakasih.

      1. rini says:

        asslm…ukh kalo sp, ovalet ada yang halal tidak ya? merk apa ya…jzklh…

  11. rini says:

    aslm….ukh sp,ovalet yang halal merk apa ya? jzkl……….bisa minta no hp tidak, mau sharing nih…

    1. ukhtiana's daily products says:

      Itu maksudnya emulsifier ya? Aku biasa pakai merk repacker yg udah ada halal MUI-nya. Tapi sebetulnya setahuku emulsifier fungsinya penstabil jadi walaupun ga pakai itu pun ga apa2 asalkan adonannya bagus, soalnya dulu aku nggak pernah pakai emulsifier sebelum ada yg halal MUI.

      Mohon maaf apabila salah.

      Kalo mau sharing silahkan add di facebook atau bisa lewat e-mail.

  12. winda says:

    ass. mbak. di kota saya mmg sulit didapat bahan kue bersertifikat halal tsb krn dikemas kecil2 oleh penjual jd kita ga tau mereknya. kl bs share dong toko online yg jual lengkap bahan2 kue bersertifikat halal. saya lg butuh neh… ditunggu ya…. trims wassalam.

    1. ukhtiana's daily products says:

      terimakasih atas komentarnya, toko online yang menjual bahan kue bersertifikat halal belum ada, memang di indonesia bahan makanan bersertifikat halal masih sedikit, walaupun begitu, produk halal selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, terimakasih sudah mampir ke blog saya πŸ™‚

  13. Wahyu says:

    Mbak Icing sugar Fiesta di tempat saya jarang lihat , itu per pack berapaan ya ?

    1. ukhtiana's daily products says:

      terimakasih atas komentarnya, di toserba gading – gading serpong, harganya IDR 13.500 untuk kemasan 425 gr, terimakasih sudah mampir di blog saya πŸ™‚

  14. produk “saf instan” yg berlabel halal merk apa ya? terima kasih jawabannya

    1. terimakasih atas pertanyaannya, saf instant merupakan merk ragi instan buatan usa yang memiliki logo halal yang dikeluarkan oleh IFANCA (islamic food and nutrition council of america), logo halal tersebut terletak di bagian pinggir kemasan (gambar bulan sabit & huruf M).

      saf instant yang terdapat pada gambar diatas -dalam artikel ini- merupakan kemasan kecil isi 5 sachet, saf instant kemasan kecil inilah yang berlabel halal IFANCA. untuk saf instant kemasan besar saya tidak tahu apakah ada logo halal atau tidak.

      sebagai info tambahan, produk ini bisa ditemui di alfa midi, farmer’s market, toserba gading (gading serpong dan banyak toko serta supermarket/hypermarket lainnya.

  15. riyanti says:

    mbak kalo keju mozarella yang halal mereknya apa ya?

    1. keju mozarella yg halal memang masih sedikit, saya pernah liat di farmer’s market – summarecon mall serpong – gading serpong, merk-nya “baros”. pernah juga liat di hypermart – gading serpong (mudah2an ada di hypermart cabang lain) merk-nya “greenfields”.

      terimakasih udah mampir di blog saya πŸ™‚

  16. Sheva says:

    Mba, kakao bubuk selain java yang ada SH apa ya? soalnya saya cari di supermarket belum ketemu

    1. makasih atas pertanyaannya, kakao bubuk di supermarket yang pernah saya pakai dan berlogo halal majelis ulama indonesia selain java, namanya “bendico” kemasannya berwarna cokelat. ukurannya nggak jauh dengan kakao bubuk merk java, kalo blm nemu di supermarket mungkin sheva bisa beli online di toko titan jakarta, ini link-nya http://www.titanbaking.com/product.php?a=3729

      sbg info tambahan, untuk kakao bubuk bendico saya hanya menemukan satu jenis (yaitu yg biasa/bukan dark) sedangkan kakao bubuk java ada 2 jenis, yaitu dark dan yang biasa. untuk hasilnya menurut saya sama bagusnya baik merk bendico maupun java. semoga bermanfaat.

  17. bunda faiz says:

    afwan, mbak klo produk BIG1 hahal gk y?
    kmaren beli shortning baunya amis sprti lemak sapi.

    1. BIG1 itu merk produk apa ya, saya blm prnh denger? utk memastikan produk halal baiknya dg melihat logo dan nomor registrasi halal MUI yg biasanya ada di kemasan. bisa juga check di direktorihalal.com atau ditanyakan langsung ke pihak MUI. terimakasih.

  18. Bundanya Marbiljun says:

    assalamu’alaikum….
    maaf sy mau tanya, apakah Wisman Oil cake softerner itu halal, krn dibotol tidak ada label halalnya… lalu mohon diperjelas apakah Wisjman Butter jg halal, lalu keju prochiz halal ga ya…? soalnya belinya sdh kemasan kecil. jazakillah…

    1. makasih atas ptnynnya, wisjman oil saya kurang tau statusnya, kalo wisjman butter sekarang udah nggak diperpanjang lagi sertifikat halalnya sedangkan prochiz setahu saya halal, silahkan check di http://www.direktorihalal.com utk produk lokal indonesia atau bertanya ke MUI langsung di http://mui.or.id

  19. Dhini says:

    Infonya brmanfaat skali mb insyaAllah. D lngkungan sy jrng skali mmperhtikan kehalalan bhan mkanan smpai sedetail ini. Bgmana skap mb jka dberi produk bkery yg gx ad sh muinya? Dr tman mgkn. Krna sy sring skali dbri mkanan yg mnrut sya subhat (contohnya roti tnpa sh mui, yg ttik krtis halalnya bnyak). Sy gx ska buang2 mkanan, tp akhrnya sy buang jga. Sdih jga krna klhatannya tdk mghrgai pmbrian tmn, tp mw gmana lg sya ragu khalalannya

    1. makasih atas pertanyaannya, memang hal yg mbak sebutkan sering menjadi dilemma bagi sebagian orang tapi kalau kita menerima begitu saja maka di lain waktu orang akan mengulang pemberian yg sama. jika dari sejak awal mereka tahu bahwa kita termasuk orang yg “pemilih” dalam makanan, maka ke depannya akan jadi lebih mudah karena mereka sudah tahu. terus semangat ya mengkonumsi produk halal, makasih udah mampir di blog saya πŸ™‚

  20. sheila says:

    assalamu’alaikum ukhti, tulisan ukhti inspiring sekali, bolehkah kita sharing?

    1. hallo sheila, boleh banget karena pada dasarnya blog ini dibuat memang untuk berbagi. salam kenal ya… πŸ™‚

  21. ijum says:

    bunda bunda tanya dunk
    kan butter itu terbuat dari lemak atau lemak susu? kalau seandainya lemak hewan, bagaimana dengan pemotongannya? kalau halal haramnya hanya dilihat dari komposisi produk saja? karna mau lebaran ada salah seorang rekan mualaf yang menginggatkan nanti pas lebaran kuenya halal semua kan? hufh ini menjadi pertanyaan bagi saya
    terima kasih

    1. makasih ya atas pertanyaannya tapi jawaban atas pertanyaan ini panjang sekali dan sepertinya lebih tepat ditanyakan langsung ke majelis ulama indonesia, bisa lewat e-mail atau datang langsung. saya pribadi hanya pengguna dan nggak punya ilmu yg mumpuni mengenai pembuatan atau yg berkaitan dgn produk halal πŸ™‚

  22. asni says:

    assalamualaikum wr.wb, bagaimana kalau kismis? apakah ada yg halal ukhti? makasih infonya.. wassalamualaikum wr.wb,

  23. husin says:

    Asslamu’alaikum Wr.Wb bagi yang berminat tepung premiks untuk membuat roti dan cake yang bersertifikat halal MUI dan perusahaannya sudah memiliki sistem jaminan halal silahkan mencoba dari produk Lazetta Magelang.

  24. notesmuslim says:

    Assalamu’alaikum
    Mba saya mau tanya kalo ovalet koepoe koepoe halal gk ya mba?. Oh ya satu lagi. Biasanya kalo saya mau masak telur di telurnya ada bintik bintik merah gtu. Itu halal apa gk ya mba. Soalnya saya pernah search bintik merah itu trmasuk blood spot.

    1. wa’alaikumsalam, terimakasih atas prntnnya πŸ™‚
      saya tidak tahu apakah ovalet koepoe-koepoe halal atau tidak. tapi pd th 2011 merk koepoe-koepoe menjadi peserta di halal expo jakarta, ketika saya datang ke counternya dan bertanya apakah semua produk koepoe-koepoe halal, jawabannya iya.

      sekarang produk halal bisa dicari disini http://produk.halal.or.id tapi kadang2 website ini kurang update, artinya dia belum bisa menampilkan semua produk halal.

      jika mau tau lebih lengkap mengenai produk2 halal, kita bisa berlangganan jurnal halal yg diterbitkan oleh majelis ulama indonesia.

      menganai spot merah pada telur saya ga bisa jawab karena ga punya kapabilitas, mungkin mbak bisa tanyakan ke majelis ulama indonesia lewat e-mail. demikian. semoga membantu ya jawabannya. mhon maaf atas kekurangannya.

  25. ummu zafa says:

    Assalamu’@laykum,, infonya sangat bermanfaat, saya kdang bingung sndiri krna trlalu sdikit yg nyntuin label hala. Mo tanya dong, Kalo gulaku itu halal ga sih? Soalx ga ad label halalx.. Syukron

    1. makasih atas ptnynnya, setahu saya blm ada, umm, gula pasir berlabel halal saat ini yg beredar di pasaran ada 3 merk, yaitu: merk bintang, indomaret dan hypermart. mungkin ada juga merk lain tapi baru itu aja yg saya tau. mdh2an infonya bermanfaat. tetap semangat untuk menggunakan produk halal ya, umm πŸ™‚

  26. Melia says:

    Mbak,, kalo coklat bubuk merk van houtten halal ngga ya.. D daerah sy banyak djual merk itu. Mohon djawab ke email sy ya mba.. jazakallah buat jwban dan blognya, sangat bermanfaat.

  27. Assalamualaikum, makasih bnyk infonya mba πŸ™‚
    mau tanya perisa vanilla selain dari l’arome, ada yg lain ga mba? belinya dimana?
    saya pernah nyari perisa vanilla trus dikasih (Lupa namanya apa) sama yg jualnya, pas saya baca komposisinya ada alkoholnya,, wahh jdi serem juga pakenya..

    1. hallo vie, makasih atas pertanyaannya, memang banyak kaum muslimin yg tidak tahu bahwa perisa vanilla bisa mengandung alkohol padahal digunakan untuk banyak produk minuman dan makanan (susu formula, kue lebaran, snack dalam kemasan, dll). alhamdulillah vie adalah sedikit diantara mereka yang masih berjuang memperoleh produk halal.

      ada 2 merk perisa vanilla dengan logo halal majelis ulama indonsia yang saya pernah lihat di pasaran, selain merk l’arome yg dijual di toko bahan kue, satu lagi adalah perisa vanilla merk koepoe-koepoe yang banyak dijual di supermarket & toko kue. tahun 2011 sudah dibuat sertifikat halalnya dan perusahaan koepoe-koepoe menjadi peserta di halal expo – senayan jakarta 2011.

  28. Sissy says:

    Assalamualaikum Wr.Wb,
    Saya mau tanya… fermipan yang biasa dijual itu gak ada label halalnya..
    Apa bener gak halal yaa

    1. Dian says:

      Saya juga mau nanya tentang fermipan,saya baru baca di fb katanya fermipan ga ada label halal trus ada kandungan E491 yg kemungkinan berasal dari hidrolisis lemak hewan yang haram..mohon pencerahannya mbak,terima kasih

      1. Makasih atas ptnynnya. Kalo kita searching di google, Fermipan ini memang ada 2 jenis kemasan. Fermipan yg saya gunakan berlabel halal dg kemasan warna kuning isi 5 sachet. Sedangkan kemasan yg lain warnanya beda & tdk ada logo halalnya.

        Sbg sesama konsumen, saya ga tau kenapa bisa terjadi hal spt demikian tapi kemungkinannya merk fermipan ini mengeluarkan 2 produk bermerk sama tapi yg satu berlogo halal & satunya lagi tdk. Cukup banyak produk semacam ini di pasaran.

        Kalo bunda mau tau lbh jelas mungkin bisa tanya ke majelis ulama indonesia πŸ™‚

  29. Azmi Umi says:

    Mkasiih atas pencerahannya, saya juga bingung masalah Fermipan. Ternyata yg sy beli tdk ada label halal nya. Jd bingung klo mau bikin kue. Izin share yaa mba. Artikelnya bagus.😊

    1. Sama2, oya, ragi instant halal ada merk selain fermipan, namanya saf instant dr amerika yg udah berlogo halal IFANCA yg diakui/disetujui oleh MUI. Silahkan di share. Smg bermanfaat. Makasih byk ya πŸ™‚

  30. Nila says:

    Terima kasih banyak ini info g sangat bermanfaan skali, ijin copy link nya buat info ke kawan2 sy yg butuh info seperti ini ya, jazakllah khairan katsiran

    1. Sama2. Silahkan dicopy, mdh2n bermanfaat. Amien.

  31. Fajarwati says:

    Assalamualaikum, mb bs mnt tlg diinfo alamat toserba gading di mana?makasih banyak, manfaat sekali ilmunya…

    1. Alamatnya kalo ga salah jl. Boulevard – gading serpong, dekat summarecon mall serpong. Nomornya saya lupa. Ok, bu. Sama2 πŸ™‚

  32. iye says:

    Assalamualaikum ukhti….d setiap produk tersedia d sumercon contoh fermipan berarti klo d tmpt lain apakah tdk halal ? Soalnya sy pernah beli fermipan ternyata mmg d sachetnya tdk terdpt kehalalannya dan sy lihat ada unsur E491 klo g slh pkknya yg ada unsur E dan 3 angka dblkgnya itu unsur dr lemak babi … Mhn penjelasannya jazakallah….

    1. terimakasih atas pertanyaannya. merk fermipan utk tahun ini sudah tidak ada logo halalnya, berarti produsennya sudah tdk memperpanjang sertifikat halalnya, jadi sudah tidak terkategori produk halal.

  33. Tri hadi says:

    kemarin saya beli fermipan, sertifikat halalnya mana yang ibu maksud dari prancis, kemudian di bahan ada E491 yang masuk daftar material subhat menurut data dari web
    mohon informasinya

    1. terimkasih atas pertanyaannya. bbrp tahun yg lalu fermipan sudah ada logo halal dari perancis, tapi utk tahun ini saya lihat di supermarket produk merk fermipan sudah tidak ada logo halal/sudah tidak diperpanjang.

  34. sera veronika says:

    ass, bu saya mau tanya. kalo yg jual wisman cair softener merk diva itu dimana ya?

    1. halo ibu sera, pertanyaannya kurang jelas bu. mohon diulang. makasih πŸ™‚

  35. Rani says:

    Assalamu’alaikum. Mbak.. Saf instant yg sachet kecil 11 gram sy lihat ko ga da label halal nya yah? Kata mba halal dr IFANCA, ada labelnya, tp ko sy lihat skrg ga ada ya..?

    1. makasih atas pertanyaannya, berarti produsen dari produk tersebut tidak memperpanjang sertifikat halalnya. mbak bisa menanyakan status halal ke majelis ulama indonesia. kalau mau ragi instant halal ada juga merk lokal namanya mauri-pan. artikel udah aku update ya.

  36. Ida says:

    Askm mba mohon tanya, apa merk tbm koepoe koepoe halal atau ngak? Saya sudah terbeli tapi ia tiada label halalnya. Makasih

    1. hai ida, makasih atas pertanyaanya. aku ga tau apakah tbm koepoe-koepoe masih halal atau nggak. mungkib mbak bisa tanya ke majelis ulama indonesia? website-nya http://mui.or.id

  37. rahma says:

    Aslm mba mau tanya coklat mercolade halal tdk ya? Kok ngga ada logo MUI nya. Kira2 coklat yg ada logo halal MUI nya apa ya mba ? Makasih banyak infonya

    1. halo rahma, makasih atas pertanyaannya. saya tidak tau apakah cokelat mercolade halal atau ga. sekarang cokelat halal udah cukup banyak, rahma bisa lihat di foto pada posting saya ada collata, itu yg paling mudah didapat dan banyak dijual di toko bahan kue maupun supermarket tapi merk lain biasanya ada juga yg halal, misalnya marley dan flamboyant.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s