RESEP SEHAT & MURAH, SUDAH TERBUKTI :)

the doctor of the future will give no medicine, but will interest his patients in the care of human frame, in diet and in the cause as well as the prevention of disease -thomas edison-


pola makan berdasarkan circadian rhtym
pukul 05.00 – 12.00: tubuh sedang melakukan detoksifikasi, disarankan untuk memakan makanan yang mudah dicerna seperti buah, tepung gandum/tepung beras dll, jika kita memakan makanan ‘berat’ seperti nasi lengkap dengan lauk pauk apalagi makanan yang diolah dengan proses yang rumit maka energi dalam tubuh akan digunakan untuk mencerna makanan sehingga proses detoksifikasi terganggu.

pukul 12.00 – 19.00: inilah saatnya makan besar🙂 karena tubuh sedang melakukan pembentukan sel.

pukul 19.00 – 05.00: waktunya untuk regenerasi sel, pola makan kembali seperti saat tubuh melakukan detoksifikasi, makan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh agar proses regenerasi sel tidak terganggu.

mengunyah makanan sebanyak 33 kali, makan dengan tenang.

mengatur jarak makan dan minum: minum 1 jam setelah makan, makan 30 menit setelah minum, pada saat proses pencernaan berlangsung, lambung kita mengeluarkan asam hidrolisis untuk menghancurkan makanan, meminum minuman ketika proses ini sedang berlangsung akan memecah asam tersebut sehingga proses penghancuran makanan tidak sempurna.

ngemil sehat (buah, sayur, tepung gandum, dll) setiap 3 jam atau lebih sering.

minum cukup, 30 cc x berat badan, ditambah 500 cc jika kita berolahraga, tambah 500 cc jika cuaca terasa panas.

berdzikir setelah makan, proses pencernaan membutuhkan banyak oksigen, berdzikir dapat memberikan suplai oksigen sehingga kita terhindar dari rasa kantuk.

tidak langsung tidur setelah makan, membuat pembuluh darah menjadi keras.

tidur lebih awal, bangun lebih cepat🙂 setelah shalat isya sebaiknya tidak melakukan aktifitas lain, tidur lebih awal baik untuk kesehatan, bahkan bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah bisa dengan cepat meningkatkan tekanan darah menjadi normal, ketika tidur hati akan mengumpulkan darah sehingga semakin awal semakin baik. bangun di sepertiga malam terakhir juga baik apalagi disertai dengan shalat tahajjud.

minum perlahan, tidak diteguk sekaligus.

tidak meniup minuman

tidak menggabungkan buah dengan makanan/minuman lain, mencampur buah dengan makanan lain mengakibatkan buah cepat membusuk ketika masih berada dalam lambung. sebaiknya makan buah tersendiri 30 menit sebelum minum atau 1 jam setelah makan.

olahraga 3-4x seminggu selama 40 menit, memaksimalkan proses penyerapan nutrisi karena salah satu dari manfaat olahraga adalah membantu kinerja usus sehingga acara ke belakang pun lancar. sebaiknya berolahraga untuk seluruh tubuh jangan hanya fokus pada bagian tubuh tertentu saja.

mengkonsumsi makanan fresh, tidak dipanaskan berkali-kali untuk menjaga nutrisi tetap utuh. terlalu banyak makan makanan awetan membuat tubuh kekurangan nutrisi.

memilih jenis makanan, selain makanan halal tentunya kita juga harus memilih makanan yang baik, hindari makanan mengandung MSG, kelezatan makanan bukan berasal dari sini melainkan pada kesegaran & kualitas bahan, proses & cara memasak serta bumbu yang digunakan.

gunakan minyak kelapa atau zaitun, minyak kelapa berbeda dengan kelapa sawit, minyak kelapa masih bisa digunakan sampai 3-4x masak. minyak zaitun lebih ideal karena memiliki titik didih paling tinggi.

menjaga keseimbangan asam-basa tubuh, makanan yang bersifat basa adalah semua sayur dan buah sedangkan makanan yang bersifat asam adalah semua makanan selain sayur dan buah. tubuh kita cenderung asam sehingga harus lebih banyak makan makanan basa ketimbang makanan asam.

menjaga keseimbangan 4 unsur, tubuh manusia bersifat panas, dingin, basah dan kering, jika terlalu panas akan timbul masalah yang disebabkan karena tubuh terlalu panas dan seterusnya. kebanyakan penyakit berasal dari keadaan tubuh yang terlalu panas atau terlalu dingin, cold atau flu merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena tubuh terlalu dingin. sekali lagi, jaga keseimbangan tubuh.

sedikit makan daging-dagingan tetapi bukan tidak makan daging sama sekali, top 5 penyakit yang ada sekarang ini terjadi karena kebanyakan nutrisi (over nutrition), sering disebut penyakit kelebihan nutrisi. kebutuhan akan daging hanya sekitar 45 ppm/hari, daging yang kita makan dalam sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan akan protein selama beberapa hari.

berbekam, bekam sangat baik untuk kesehatan, banyak klinik bekam yang mengantongi sertifikat dari departemen kesehatan. pilih terapist yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai kesehatan.

hindari makanan tinggi lemak dan gula, makanan seperti ini menyebabkan kita ‘tahan lapar’ dan ‘mengelabui tubuh’ padahal tubuh memerlukan nutrisi.

hindari bahan artificial atau buatan, tubuh tidak mengenali bahan artificial dan akan menangkap bahan ini sebagai patogen, sehingga jika terlalu sering makan makanan semacam ini maka pertahanan tubuh akan selalu aktif, lama-kelamaan tubuh menjadi rentan karena ‘kelelahan’ sehingga mudah sakit.

hindari mengkonsumsi susu sapi, ras asia dan kaukasia banyak menderita alergi terhadap susu sapi, molekul susu sapi terlalu besar dibandingkan susu kambing atau kedelai sehingga sulit dicerna oleh tubuh, sumber kalsium bukanlah susu sapi tetapi ikan terutama ikan laut.

jauhi stres, sebagai muslim hiburan paling ideal adalah dzikrullah, selain itu olahraga dapat dipilih sebagai bagian dari amal shalih yang diniatkan untuk menjaga kesehatan sebagai bentuk syukur kepada Allah. stres membuat tubuh memproduksi 2 hormon yang bersifat meracuni tubuh juga mengurangi vitamin c sehingga mudah terkena sariawan.

hilangkan kemarahan, marah membuat nafas terngengah-engah (pendek-pendek), membatasi asupan oksigen untuk tubuh, bersikap tenang membuat tubuh dapat menghirup oksigen lebih banyak.

– lupakan dendam, ada sebuah hadits dimana seorang laki-laki telah disiapkan oleh malaikat penjaga neraka untuk dilemparkan kedalamnya, rupanya laki-laki ini pernah menyakiti perasaan seorang muslim, maka Allah pun bertanya kepadanya “apakah engkau memaafkan laki-laki ini?” kemudian diperlihatkan-Nya surga sehingga muslim tadi merasa takjub melihatnya, lalu dia bertanya “untuk nabi manakah surga ini? untuk orang shalih manakah surga ini…?” ternyata surga tersebut diperuntukkan bagi mereka yang mau memaafkan kesalahan orang lain yang telah berbuat zalim kepadanya. menyimpan kemarahan hanya akan menghabiskan energi tubuh, membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, tidak menghasilkan sesuatu apapun selain dosa dan kesalahan.

tidur menghadap ke kanan, posisi tidur seperti ini tidak memberikan penekanan pada jantung sehingga bisa bekerja dengan baik, bermanfaat baik untuk pencernaan.

last but not least, beribadah dengan benar sesuai tuntunan qur’an dan sunnah, shalat dengan tenang (tumaninah), perbanyak ibadah sunnah, banyak berdzikir, membaca alqur’an, bersedekah, dsb.

sepertinya sulit sekali ya untuk menjalani pola hidup sehat seperti diatas, tapi ada cara mudah untuk memulainya yaitu dari hal terkecil, tingkatkan secara bertahap & tetap konsisten, lama-kelamaan kita akan terbiasa dan menikmati hasilnya🙂 tubuh lebih berenergi dan jauh dari penyakit bahkan flu sekalipun🙂

catatan:

artikel diatas akan terus diperbaharui berdasarkan informasi kesehatan terbaru. kritik & saran selalu diterima dengan tangan terbuka.

3 thoughts on “RESEP SEHAT & MURAH, SUDAH TERBUKTI :)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s