NGOPI SEHAT DENGAN 3 SYARAT

masih banyak orang yang menganggap kopi tidak baik untuk kesehatan padahal sudah banyak tulisan yang mengupas 1001 manfaat kopi, mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan kejelasan sehingga kita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsinya.

1.  kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki sifat asam, sebagaimana pernah disinggung dalam tulisan terdahulu bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga keseimbangan asam-basa tubuh. maka, apabila kita meminum kopi jangan lupa untuk memperbanyak sayur dan  buah atau mengimbanginya dengan minuman yang bersifat basa, salah satu minuman yang bersifat basa dan sudah dikenal baik manfaatnya untuk kesehatan adalah pegagan atau antanan (sunda) yang memiliki nama latin centella asiatica. minuman ini sudah dikenal luas di seluruh dunia, kebanyakan herba ini diperoleh dari sumber yang berasal dari india padahal kualitasnya masih jauh dengan tanaman pegagan dari indonesia. ciri tanaman pegagan yang baik adalah yang berwarna hijau sedangkan yang berasal dari india berwarna cokelat. tidak mengherankan apabila ada satu merk kopi lokal yang mencampur kopi dengan pegagan.

2. kopi bersifat diuretik/melancarkan air seni, oleh sebab itu tambahkan porsi air putih sebanyak 1 gelas untuk setiap 1 gelas kopi yang kita minum agar tubuh tidak kekurangan cairan.

3. karena rasanya yang pahit maka biasanya minuman kopi kemasan sudah ditambah dengan gula, kita perlu berhati-hati dengan konsumsi gula berlebih.

– gula pasir, gula jenis ini telah mengalami proses kristalisasi untuk mendapatkan warna putih bersih, kadar mineralnya sudah banyak terbuang, gula pasir yang sudah kehilangan kromium -yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah- berubah menjadi berbahaya untuk kesehatan.

– gula aren atau gula palm, gula jenis ini tidak berbahaya untuk kesehatan namun jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat tubuh kelebihan lemak.

– gula buatan, ada beberapa jenis, namun seperti pernah dibahas pada tulisan yang telah lalu bahan artificial tidak dapat dikenali oleh tubuh sehingga tubuh menangkapnya sebagai patogen/benda asing sehingga pertahanan tubuh akan memeranginya, apabila pertahanan tubuh selalu aktif dikarenakan kita selalu mengkonsumsi bahan artificial ini, lama-kelamaaan daya tahan tubuh melemah karena ‘kelelahan’.

ada satu merk kopi made in malaysia yang menggunakan daun stevia sebagai pemanis alami.

karena itu konsumsilah kopi secukupnya, dengan mengkonsumsi kopi dalam jumah sedikit tetapi kontinyu kita akan mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari efek negatifnya.

tambahan: espresso merupakan kopi dengan tingkat keasaman paling tinggi sedangkan kopi luwak merupakan kopi dengan tingkat keasaman paling rendah. ada satu merk kopi luwak yang telah mengantongi sertifikasi halal majelis ulama indonesia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s