UNTUK TIMNAS INDONESIA

hari ini, indonesia melawan iran dalam babak penyisihan pra piala dunia 2014, kedudukan 0-0 pada babak pertama merupakan kehormatan bagi indonesia mengingat banyak orang menganggap kemampuan indonesia berada satu tingkat dibawah iran. beberapa kali indonesia sempat memiliki peluang untuk mencetak gol namun gagal dan lebih banyak melakukan pertahanan, namun kemenangan bukanlah hal yang utama melainkan seberapa besar usaha kita dalam berjuang. bagi yang telah menyaksikan permainan timnas indonesia kali ini tentu dapat mengambil kesimpulan bahwa mereka adalah pemain-pemain yang pantas diperhitungkan dan patut diwaspadai oleh lawan karena timnas kita memiliki semangat juang yang tinggi.

bagi indonesia, postur tubuh para pemain iran yang tinggi-tinggi bukan halangan untuk terus melangkah maju, modal utama untuk menang adalah mental dan skill serta stamina yang baik. kelebihan kita terletak pada kelincahan, umpan-umpan pendek selain tentu saja team work dan konsentrasi bermain, tidak terpancing emosi -hal yang bisa merugikan timnas-, tidak terburu-buru ingin segera mencetak gol melainkan stick pada strategi yang diterapkan. inilah yang dilakukan timnas indonesia pada pertandingan tadi.

yang menjadi kelemahan pemain timnas indonesia biasanya terjadi pada babak kedua dimana timnas kita sudah mulai kelelahan, mungkin ini disebabkan pola makan yang tidak disiplin dan kurang terjaga, apakah ini mungkin terjadi pada pemain sepakbola profesional? sangat mungkin! siapa yang tidak terlena dengan indonesia sebagai surga makanan lezat yang kaya rempah-rempah? seberapapun kerasnya kita berlatih, semua menjadi tidak maksimal apabila kita kurang bisa menjaga asupan makanan. dan pada pertandingan kali ini indonesia pun kalah 0-3 dari iran.

beberapa penyebab kekalahan yaitu kondisi para pemain timnas yang masih kelelahan karena perjalanan yang jauh, muhammad nasuha yang absen juga sangat berpengaruh pada pertandingan kali ini sehingga memberi kesempatan kepada iran untuk lebih banyak menyerang dari sayap kanan, juga ketiadaan boaz solossa yang posisinya sangat penting bagi timnas dalam upaya mencetak gol.

bagaimanapun, menurutku pribadi sih indonesia sudah bermain sangat baik.

masih ingatkah kita dengan persipura yang bertanding melawan thailand dalam AFC cup yang berlangsung beberapa bulan yang lalu? kezman yang pada saat itu menginap di hotel sempat menarik perhatian karena memesan makanan-makanan dengan menu-menu khusus, dengan kata lain, makanan yang dia santap bukan merupakan makanan hotel. bagi orang yang menjalankan diet (pengaturan pola makan, bukan pengurangan makan) tentunya memahami apa yang dilakukan oleh kezman. dia menjaga staminanya dengan memakan makanan sehat yang biasanya -antara lain- terdiri dari makanan organik, tanpa pengawet, pewarna, non MSG, bebas lemak, tanpa minyak sehingga tidak digoreng melainkan dikukus atau dipanggang, menu seimbang, banyak serat alami dari sayur dan buah.

seperti yang aku katakan diatas, i love indonesia so please anggaplah ini sebagai masukan yang positif agar selalu bisa memperbaiki kinerja timnas. pola makan yang baik dan disiplin yang tinggi bukan hanya diterapkan ketika bertanding saja tapi juga dalam kehidupan sehari-hari karena itulah yang akan menentukan kualitas fisik kita.

aku selalu bangga dengan timnas indonesia dan selalu yakin indonesia mampu menjadi pemain-pemain kelas dunia, ini bukan khayalan atau upaya menghibur diri dari kekecewaan karena aku tidak kecewa dengan performa timnas, hanya saja semua perlu waktu, kemauan yang kuat dan kedisiplinan yang tinggi. kita lihat saja di masa yang akan datang, suatu hari keyakinanku pasti terwujud. insyaallah.

aku cinta dengan negaraku🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s