TIPS BEBAS JERAWAT SEHAT MURAH AMAN

Jerawat yang dimaksud disini adalah yang berkaitan dengan masalah pencernaan, biasanya banyak muncul di pipi (Kalau jerawat yang muncul di rahang disebabkan masalah hormon, di jidat disebabkan karena stres).

1. Hindari makan makanan yang digoreng menggunakan minyak jelantah, lebih baik masak sendiri di rumah menggunakan minyak yang baru, maksimal pemakaian minyak adalah 3-4x. Setelah itu buang. Minyak jelantah nggak baik untuk pencernaan. perlu diketahui bahwa minyak diperlukan tubuh untuk melarutkan vitamin. Jadi jangan takut dengan minyak asalkan minyak yang baik. Lebih bagus lagi kalo kita menggoreng atau menumis menggunakan minyak zaitun.

2. Makan makanan dengan proses pembuatan yang sederhana. Makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan diurai satu persatu, semakin rumit proses pembuatan makanan maka semakin menyulitkan pencernaan kita.

3. Cukup serat (alami), yang berasal dari sayur, buah dan yang lainnya seperti gandum, oatmeal, dll.

4. Banyak minum air putih. Semua usaha akan sia-sia kalau kita kurang minum.

5. Cukup istirahat, tidur siang dan tidur malam hari. Jangan suka begadang.

6. Kurangi cemilan sebisa mungkin. Kalau bisa sih jangan ngemil sama sekali. Makanan dengan menggunakan pengawet dan bahan artificial lain nggak bagus buat pencernaan.

5. Minum zaitun dan makanan serta minuman yang bersifat anti bakteri/virus. Boleh juga dioles ke muka sebagai masker.

6. Rajin berjemur, sinar matahari membunuh virus dan bakteri, nggak usah takut berkulit gelap, sebenernya kulit gelap terbakar matahari itu bikin appearance lebih bagus lho. Satu-satunya yang bilang kulit putih bagus cuma produsen kosmetik pemutih. Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat.

7. Hindari stres, masalah pasti selalu ada. Yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Hidup ini Allah yang mengatur. Banyak mendekatkan diri pada-Nya agar hati selalu tenang. Jangan terlalu terobsesi dengan keinginan duniawi. Temukan tujuan hidup dan jangan dengerin atau mengikuti omongan orang kecuali yang positif.

8. Hindari susu sapi dan makanan yang dibuat menggunakan bahan yang berasal dari susu sapi seperti cake, cookies, roti, keju, dll. Ras asia termasuk mereka yang banyak memiliki alergi terhadap susu sapi. Ganti aja dengan susu kambing atau membuat susu kedelai sendiri.

9. Pakai make up dan skin care yang berizin POM, gunakan secukupnya. Hindari kosmetik dan skin care yang mempunyai bahan yang bikin alergi, misalnya parfum sintetis atau bahan kimia yang terlalu keras (tiap orang beda-beda).

10. Olahraga, selain segudang manfaat lain🙂 olahraga juga melancarkan perdaran darah dan membuang racun lewat keringat.

11. Detoksifikasi, dengan shaum (puasa) atau bekam (mengeluarkan darah kotor), bisa juga detoks dengan hanya minum jus selama berapa hari tapi mungkin perlu konsultasi dulu dengan ahli nutrisi agar kecukupan gizi tetap terpenuhi.

12. Jangan tidur pagi. Pada pagi hari, tubuh melakukan detoksifikasi, sebaiknya kita beraktifitas agar keluar banyak keringat, lebih bagus lagi berolahraga teratur. Kemudian makan makanan berserat dan minum banyak air putih agar proses detoksiikasi di pagi hari lebih maksimal.

13. memaksimalkan fungsi pencernaan dengan pola makan tertentu. akan dibahas lebih lanjut.

Adakah orang yang bebas jerawat selamanya? Jawabannya, ada. Dan mereka menerapkan pola hidup yang hampir sama dengan tips diatas. Coba kita perhatikan deh ustadz atau ustazah, pendeta kristen, biarawati, pendeta budha, mana ada yang jerawatan. Atau kita lihat orang-orang desa, dengan pola hidup mereka yang sederhana, mereka cenderung lebih sehat karena sebenernya memang mudah koq, asal kita mau mengendaikan hawa nafsu termasuk dalam mengkonsumsi makanan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s