BUKAN UKHTI CENTIL

to the point aja.

Sekilas mungkin orang menyangka bahwa blog ini ditulis oleh seorang ukhti doyan dandan yang mengumbar kecantikan untuk laki-laki asing🙂 sebetulnya bukan, awal mula aku memutuskan mereview berbagai jenis kosmetik adalah karena keprihatinan atas keadaan ibu-ibu muslimah yang masih menggunakan kosmetik berbahaya. Aku sedih karena banyak toko herba yang menjual kosmetik tanpa memperhatikan keamanan bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut. (thibbun nabawy gitu lho… Please deh)

Kebetulan ketika saudaraku menikah, aku membeli beberapa jenis make up dan skin care untuk menghindari acara dandan di bridal yang merupakan public place, tidak ada ruang khusus untuk make up muslimah yang menuntut ruangan bebas dari laki-laki. Juga untuk menghindari pemakaian kosmetik yang digunakan banyak orang (menghindari penularan kuman).

Kembali ke persoalan tadi. Aku gemas sekali melihat klinik thibbun nabawi yang menjual herba, melayani terapi bekam tapi menjual kosmetik yang tidak jelas halalnya dan amannya (Aduh… Please deh hari gini koq masih berani pakai kosmetik sembarangam sih?)

Beberapa produk yang dijual antara lain:

– nu sk*n yang sepertinya belum sertifikasi halal. Bagaimana kita bisa tahu bahwa kosmetik tersebut bukan terbuat dari plasenta bayi manusia?

– esth*r yang terdiri dari krim siang malam. Walaupun sebuah produk mengklaim bebas mercury & hidroquinon tapi bisa jadi dia mengandung bahan lain yang jika penggunaannya salah bisa berbahaya buat janin.

– sabun susu kambing whitening berwarna hijau, merknya lupa tapi dia buatan malaysia, belum ada izin dari departemen kesehatan malaysia sehingga tidak ada jaminan bebas mercury atau bahan berbahaya lainnya.

– krim malam & krim anti acne ali*a. Ada nomor izin depkes tapi bukankah yang muncul seharusnya izin dari badan POM?

Dan masih ada beberapa merk lain yang masih blur tingkat keamanannya. Begitu banyak pilihan kosmetik yang sudah jelas halal dan aman. Mengapa ibu masih mempertaruhkan kesehatan janinnya untuk kecantikan yang belum tentu terbukti khasiatnya?

Ini bukan kecurigaan berlebihan karena penggunaan bahan dari plasenta bayi manusia dan bahan lain yang kusebutkan diatas, sudah merupakan hal yang sangat umum dalam industri kosmetik.

One thought on “BUKAN UKHTI CENTIL

  1. Saya setuju dengan mba, dengan kehadiran blog ini, orang orang jadi terselamatkan dari produk-produk yang berbahaya bagi kesehatan manusia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s