RAPI BUKAN BERSOLEK

penampilan yang rapi merupakan salah satu bagian dari sopan santun, utamanya ketika berhadapan dengan orang lain. badan yang bersih, menjaga aroma badan, pakaian yang rapi dengan bentuk dan warna yang teratur dan proporsional merupakan salah satu hal yang harus dijaga ketika berinteraksi dengan orang-orang.

bagi wanita, memakai make up seperti bedak dan lipstik bisa juga merupakan salah satu cara untuk terlihat rapi, selama tidak berlebihan dan tidak menimbulkan fitnah. beda koq, antara mereka yang bersolek dalam rangka tabarruj dan mereka yang bersolek agar terlihat rapi.

bagi muslimah terdapat beberapa larangan yang menyangkut urusan penampilan:

1. mengecat rambut

kecuali henna, penggunaan cat rambut baik temporary atau permanent menutupi lapisan rambut sehingga air wudlu tidak bisa menyentuhnya. beberapa tahun terakhir ini baru diketahui bahwa pewarna rambut bisa menyebabkan kanker rahim.

2. memakai kuteks

kecuali daun pacar, penggunaan kuteks ini pun menghalangi air wudlu sehingga tidak boleh digunakan wanita muslimah. lagipula kuku yang panjang merupakan tempat yang disukai kuman.

3. menyambung rambut

baik rambut di kepala (hair extension, wig, dsb) ataupun bulu mata palsu. hair extension memberi beban lebih untuk rambut asli begitu juga  bulu mata palsu, kelopak mata terasa lebih berat menggunakannya. ada juga yang namanya sulam alis

4. mencukur alis

banyak yang tidak tahu bahwa mencukur alis baik sebagian atau seluruhnya, baik dicabut atau dicukur saja tidak diperbolehkan dalam hadits nabi.

5. mentato alis/bagian tubuh yang lain

banyak perempuan mentato alis atau sulam alis karena malas mengaplikasi pensil alis berulang-ulang, urusan tato ini ternyata bukan alis saja, bahkan salah satu selebriti hollywood liz hurley mentato garis matanya atas-bawah (ugh… ), sedangkan tato untuk tubuh sepertinya sudah tidak asing banyak orang melakukannya. sebenarnya hal seperti ini dilarang dalam islam.

orang yang memakai make up untuk terlihat rapi biasanya tidak berlebihan dan tidak melakukan pelanggaran dalam urusan syara’. dibawah ini ada juga kebiasaan wanita untuk kecantikan yang tidak dilarang dalam agama:

– meluruskan (rebonding atau teknik lain) atau keriting rambut

– menggunakan soft lens warna

walaupun tidak dilarang tapi sebaiknya pertimbangkanlah baik dan buruknya, apakah memang perlu? apakah tidak mengganggu kewajibab sebagai ibu yang harus selalu mendampingi anak-anaknya? apakah tidak mengganggu acara bersama suami? karena persoalan yang hukum agamanya ‘mubah’ atau ‘boleh’ atau ‘halal’ belum tentu baik.

contohnya saudaraku ada yang menikahi perempuan dengan rambut keriting, ternyata setelah menikah rambutnya lurus dan tipis sehingga saudaraku ini merasa seperti dibohongi.

kejujuran itu memang mahal dan tidak mudah, fake beauty dianggap lebih baik daripada natural tapi kelihatan jelek. padahal kejujuran merupakan nilai plus untuk seseorang lagipula belum tentu orang lain akan menganggap kita jelek dengan penampilan yang alami.

2 thoughts on “RAPI BUKAN BERSOLEK

  1. hmm…kalo rebounding, ngeriting rambut sih emang pernah denger katanya masih perdebatan boleh nggak nya, soalnya kan sama saja mengubah ciptaan Allah.

    Tapi kalo pake softlens, kayak nya nggak papa deh mbak. Corak softlens sama mata asli beda kok. Orang langsung tau kalau mata dikasih softlens. Aku pribadi pake softlens warna mbak, soalnya pernah beli softlens bening itu terlalu lentur, susah pake nya, kadang diameter nya terlalu kecil dan sering menyakiti mata saya. Sebagai org minus, softlens itu sangat membantu. Kadang pake kacamata suka pusing karena beban di hidung dan telinga, sangat mengganggu aktifitas kalau sudah pusing begitu.

    Kalo semisal takut membohongi pasangan dan orang di sekitar, sebaiknya jangan menggunakan softlens tiap hari ketika bertemu mereka. Saya pun terkadang mengistirahatkan mata saya dengan memakai kaca mata sesekali. Bagi saya, softlens sama seperti jilbab, sifatnya hanya menutupi bagian tubuh. Suatu hari juga akan dibuka dihadapan suami. Kalo dia illfill dgn warna mata saya, bisa jadi dia juga bisa illfill dgn rambut saya :))
    Tapi orang beda-beda ya mbak CMIWW😀

    Salam kenal…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s