MERK SAMA, HALAL BEDA (LEBIH TELITI DENGAN LOGO HALAL)

image

ovaltine, merk minuman  cokelat yang kusuka sejak kecil. di salah satu hypermarket ternyata dijual 2 jenis produk bermerk sama namun kalau dilihat lebih teliti lagi, keduanya mempunyai perbedaan yang mencolok. yaitu label halal. produk diatas merupakan merk lokal buatan indonesia dan sudah mencantumkan logo halal MUI sedangkan yang dibawah merupakan produk impor dan belum ada logo halalnya (perhatikan, logo halal MUI terdapat di bagian bawah kemasan).

image

nong shim, mie impor dari korea, my fave, kalau kita perhatikan, mie yang diatas tidak ada logo halalnya sedangkan yang dibawah sudah ada logo halalnya (logo halal korea yang berbentuk mesjid berwarna hijau di sudut kiri bawah).

image

biskuit togo dari khong guan yang terdiri dari 3 rasa, cokelat, cokelat-kacang dan keju, ini biskuit yang murmer alias murah meriah, isinya banyak dan rasanya enak, biskuit dengan rasa cokelat dan cokelat-kacang ada logo halal MUI sedangkan yang rasa keju (kemasan warna biru) belum ada.

image

lee kum kee, merk langganan, hehe… aku suka produk ini terutama yang non MSG. biasanya supermarket atau hypermarket menjual saus lee kum kee dari beberapa negara, diantaranya malaysia, hongkong dan china. dan kalau kita lihat lebih teliti lagi, biasanya dalam satu rak terdapat saus berlogo halal dan yang tidak berlogo halal.

image

Kopi abc, yang ada logo halalnya: kopi abc mocca dan kopi abc brownies sedangkan kopi abc stmj tidak terdapat logo halal pada kemasannya.

image

image

Tim tam pada gambar diatas yang merupakan produksi lokal sudah ada logo halal sedangkan pada gambar dibawah yang merupakan produk luar/impor belum ada logo halalnya.

image

image
Lagi, saus lee kum kee dari china. Banyak banget ya? Sebagian sudah berlogo halal dan sebagian lagi belum ada logo halalnya.

image

 

image

image

image

image

image

image

chocomucho, cokelat dari filipina, ada 3 jenis cokelat; kemasan biru, ungu dan merah. kalau kita lihat lebih teliti lagi, kemasan biru dan ungu sudah ada logo halal di bagian belakangnya sedangkan yang berwarna merah belum ada logo halalnya.

11 thoughts on “MERK SAMA, HALAL BEDA (LEBIH TELITI DENGAN LOGO HALAL)

  1. mbak, saya tanya, apa yg membedakan produk halal tidaknya dari produk yang sama itu selain logo halal? misalnya dari segi ingredients nya?
    saya makan mi nongshim sejak mi itu blm tenar dan blm berlogo halal, tp dr rasa dan ingredients tidak beda dgn mi nongshim sekarang yg udh berlogo… apa itu sbnrnya halal namun blm trcantum saja logony?

    • sebenarnya saya nggak punya kapabilitas menjawab pertanyaan ini tapi saya coba jawab dengan apa yg saya pernah baca di artikel halal.

      suatu produk belum tentu halal walaupun ingredients dulu dan sekarang sama. misalnya untuk ingredient tepung terigu, tepung terigu ada yg halal dan ada yg tidak karena bisa dibuat dari bulu hewan atau rambut manusia, juga misalnya tertulis lesitin, bisa lesitin nabati bisa juga hewani. begitu, bu. terimakasih sudah mampir di blog saya🙂

      • Oo begitu ya😀

        iya sama-sama bu😀
        Senang bisa membaca blog ibu yang banyak membahas soal barang halal. Sebagai wanita muslim apalagi suka belanja🙂 saya merasa perlu informasi semacam ini…

  2. Semangat bu,😀 (atau kupanggil mbak saja ya)

    Di luar negeri sudah banyak blog-blog dan forum yang juga berbagi informasi seputar produk halal (terutama wanita) . Mungkin karena muslim di luar itu minoritas dan mereka dikelilingi produk-produk yang belum jelas kehalalannya…

    Indonesia sekarang semakin bebas produk luar yg masuk, berharap ada blog semacam ini yang membahas kehalalan produk yang masuk ke indonesia dan senang menemukan blog ini… ^___^

  3. haii mbaa itu rak kecap lee kum kee byk bgd..kok klo aq k supermarkwt besar suka susah cari yg halal yaa..n stoknya cm sdikit

    • iya, banyak banget ya, hehe,,, sekarang lee kum kee cap panda dgn logo halal MUI ada di alfamart lho, di pasar tradisional juga banyak, memang agak mahal tapi mudah didapat. trus ada juga merk lee kum kee yang mahsuri, itu juga berlogo halal MUI & ada di supermarket. selain itu kan ada saus tiram merk lain, misalnya merk ABC, maggi, saori, dll. semua udah ada logo halalnya dari MUI. btw, makasih atas komentarnya ya…🙂

  4. Mba.. aku baru ngeh stlah bertahun2 suka makan biskuit selai kacang “Interbis peanut biscuit” dr PT.Interbis sejahtera Palembang.. nah aku bolak balik bungkusnya kbtulan yg 300 gr aku liat ga ada SH MUI nya.. ga ada logo halalnya.. aku jd shock.. trus aku searching di google.. liat gambarnya disitu ada logonya.. tp yg asli kubeli kok ga ada ya.. mana tau mba tau infonya..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s