HAVING A BABY; MAKE IT EASIER, MOMMY :)

memiliki bayi adalah hal terindah dan melahirkan seorang bayi bukan hal yang menyeramkan. biasanya kesan seperti itu didapat dari film-film hollywood yang jauh dari keadaan sebenarnya. film semacam itu menuntut efek dramatisasi, itu sebabnya orang melahirkan dalam film selalu digambarkan kesakitan dan berteriak-teriak karena kalau ibu melahirkan hanya diam saja (menarik dan mengeluarkan nafas) pasti filmnya nggak seru dan sepi penonton.

kelahiran seorang bayi merupakan hal yang terindah. apalagi ketika menatap bayi kita untuk pertama kalinya. sebenarnya, proses melahirkan tidak seseram dan tidak sesulit yang kita sangka. hal yang pertama kali harus dibenahi adalah sikap mental seorang ibu.

berikut beberapa tips seputar kelahiran:

1. tenang, jangan panik apalagi berteriak, karena berteriak akan membuat energi/tenaga ibu cepat habis padahal untuk melahirkan perlu tenaga yang besar.

2. jangan memejamkan mata, tapi lihatlah ke bawah ketika melahirkan. ada yang mengatakan bahwa memejamkan mata bisa membuat pembuluh darah di sekitar mata pecah, tapi ini hanya pendapat yang aku dengar, aku belum mencari kebenarannya.

3. kalau mau tahu keadaan ibu yang melahirkan seorang bayi, kira-kira sama seperti orang sedang -maaf- buang air besar, tapi 10 x lipat lebih berat. jadi, hal yang perlu dilakukan adalah menarik nafas dalam-dalam sebelum mengejan (mengeluarkan bayi).

4. jangan mengangkat -maaf- pantat ketika sedang dalam proses melahirkan, hihi… apa hubungannya ya? lagi-lagi katanya… hal tersebut bisa mengakibatkan robekan pada vagina jadi semakin lebar sehingga jahitannya semakin banyak. ffffhh…. maafkan atas bahasa yang terlalu vulgar.

tips ini sangat membantuku ketika melahirkan anakku yang pertama. selain proses melahirkan berlangsung lancar (cepat), proses pemulihannya pun termasuk cepat sehingga aku mampu merawat anakku sendirian tanpa dibantu siapapun.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s