WARDAH ACNE PERFECTING MOISTURIZER GEL; KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

wardah acne perfecting moisturizer gel

awalnya kupikir ini produk khusus buat orang yang wajahnya lagi berjerawat makanya aku nggak pernah tertarik buat menggunakan produk ini, tapi suatu hari, aku lagi butuh pelembab dengan kandungan spf, kupikir produk ini lengkap juga karena selain berfungsi sebagai tabir surya, ada oil control, anti bakteri, trus gel-nya sejuk dipakai.

aku suka aromanya yang segar dan kemasannya simple, warna biru-putihnya keren. tapi yang paling aku suka dari semuanya adalah -tentu saja- manfaatnya. nggak nyangka ternyata produk ini hasilnya matte, oil controlnya bagus banget di wajahku yang cenderung berminyak. biasanya kalo pakai pelembab, dalam waktu 1-2 jam wajahku -terutama bagian pipi dekat hidung- udah berminyak tapi dengan pakai produk ini, bedak jadi awet banget sampai berjam-jam.

ada beberapa tulisan pada kemasannya, sbb:

– wajah tampak lebih cerah

– merawat kulit berjerawat

– mengurangi minyak pada wajah

ternyata apa yang tertulis diatas bukan sekedar janji gombal, hehe… karena produk ini mengurangi minyak pada wajah, otomatis wajah terlihat cerah dalam arti nggak kusam (bukan kandungan whitening) dan bagus buat kulit berjerawat karena ada kandungan triclosan dan aloe extract.

aku termasuk orang dengan kulit sensitif tapi aku nggak mengalami masalah alergi selama pemakaian produk ini, yang paling menyenangkan, kulit berminyak paling cocok menggunakan pelembab gel, sampai sekarang jerawat jauh-jauh dari wajahku, alhamdulillah ya🙂 satu tube ini bisa digunakan sampai 2 bulanan.

aku kasih judul keindahan yang tersembunyi karena produk ini bagus banget tapi orang nggak tau hal itu. aku tau produk ini sejak lama dan baru sekarang merasakan manfaatnya.

produk ini NGGAK mengandung alumunium chlorohydrate yaitu suatu bahan yang bersifat menutupi/menyumbat pori-pori, jadi insyaallah aman buat kulit berminyak dan nggak akan menimbulkan masalah baru,

adapun mengenai kandungan benzophenone-3 dan paraben, sejujurnya aku termasuk yang NGGAK percaya bahwa keduanya dapat menimbulkan penyakit kanker.

COMPARE

aku membandingkan produk ini dengan l’occitane angelica ultra matte fluid, hasil pemakaianya sama-sama matte tapi l’occitane angelica ultra matte fluid dijual dengan harga IDR 475.000 jauh diatas wardah yang hanya IDR 28.500, keduanya nyaman digunakan untuk kulit sensitif sepertiku, bedanya l’occitane lebih ringan, cepat meresap tapi bedak nggak terlalu nempel sedangkan wardah agak lengket pada awalnya tapi bikin bedak nempel dan wajah terlihat bagus.

selain acne perfecting moisturizer gel, wardah punya produk lain yang hampir mirip yaitu wardah sunscreen gel spf 30, hasil pemakaiannya hampir sama, aromanya aja beda (sama-sama enak) dan menurutku wardah sunscreen gel sedikit lebih kental, hasilnya sama-sama bagus, bedak menempel dengan baik. they are my favourite product. bedanya wardah acne ini oil controlnya lebih bagus dan merawat kulit berjerawat.

ada juga wardah moisturizer gel yang kemasan hijau, produk tersebut mengandung mineral oil, nggak mengandung spf, sangat ringan, cepat meresap tapi bukan produk favoritku.

aku juga pernah pakai pelembab gel la tulipe tapi nggak kuat sama aromanya, oya waktu itu aku lagi hamil jadi mungkin hidungku memang super sensitif, produknya sih lumayan bagus.

selain itu aku pernah pakai pelembab gel merk aubeau (produk in belum ada label halal) tapi wajah jadi gampang minyakan, hasilnya sama seperti pakai pelembab lotion.

UPDATE

sekarang anakku yang mulai beranjak remaja pakai produk ini juga, cocok banget, udah repurchase berkali-kali, wardah perfecting moisturizer gel emang top markotoplah ^_^ oya, kandungan spf-nyna sekarang jadi 30 ya udah bukan 18.

anakku punya kulit yang sama seperti suamiku yaitu kalo kena sinar matahari kulitnya merah kayak kepiting rebus jadinya produk ini wajib banget buat dia, pernah suatu kali dia lupa pakai pelembab trus pas nyampe rumah aku suruh dia pakai pelembab ini, otomatis merah2-nya langsung hilang.

101 thoughts on “WARDAH ACNE PERFECTING MOISTURIZER GEL; KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI

  1. Sebelumnya aqq pake pond’s tapi muka q berminyak banget ,, trus pindah ke garnier eh malah timbul jerawat kecil2 dkit sihh ,, cmn takutnya jadi bukit …
    Pengen sihh pake wardah ,,
    buat ngatasin kulit berminyak & jerawat kecil2 qu …

    • kalo gitu cobain aja wardah, pakainya yg acne perfecting moisturizer gel, di aku produknya bagus banget, dulu aku berminyak & berjerawat. sekarang mukanya udah bersih, btw, makasih ya udah mampir di blog aku🙂

    • saya kurang tau kalo buat cowok, tapi kalo mau ngilangin minyak bisa pakai jeruk nipis yang bermanfaat buat ngecilin pori2, caranya diminum bersama air putih dan dioleskan ke wajah selama beberapa menit tiap pagi sebelum beraktifitas.

  2. wah, jadi tergiur nih. kira2 bener nih buat wajah yg oily + berjerawat gk ada efek apa2?.. soalnya dulu pernah pake punyanya a*nes, wajahku keluar bintik2 merah gtu, kalo skrng ini sbenernya udh cocok sama bb cream c*ring hehehe *sedikitcurhat* oh ya, setelah pemakaian sunscreen ini kamu pake bedak atau nggk?

    • makasih ya atas komentarnya, nggak apa2 koq curhat dikit kan bagi2 pengalaman🙂 alhamdulillah selama pakai wardah acne perfecting moisturizer gel sih aku ga pernah ada efek apa2, abis pake itu biasanya aku pake bedak tabur dari platinum ristra (namanya platinum ristra finishing powder) trus wardah lightening two way cake extra cover.

  3. mbak mau nanya dong, aku kan barusan beli wardah acne moisturizer ini nah yg mau aku tanya itu setelah kita pake mois ini kita perlu pakai sunscreen yg spf30 lagi gak? soalnya ada yg bilang walaupun pelembab/bb cream ada spfnya tapi harus tetap pakai sunsreen. terus setelah pakai mois ini boleh ga dilanjutin sama bb cream? thanks atas reviewnya loh mbak, berguna banget ini

    • makasih ya atas pertanyaannya, jawabannya tergantung sama kulit kamu, perlunya SPF brp? kalo pake SPF 18 trus kulitnya msh terbakar (merah2) berarti SPF-nya kurang & hrs ditambah dg SPF yg lbh tinggi (jawaban ini didasarkan pd pengalaman temanku yg sebagian wajahnya msh merah stlh pakai pelembab -merk lain- dg SPF rendah, kalo ga salah SPF 8). kalo aku pribadi cukup koq dg wardah acne perfecting moist gel yg SPF 18, setelah itu ga ditambah apa2 lagi selain bedak.

      trus bgmn dg bb cream? aku prnh juga pake wardah acne perfecting moist gel trus dilanjutkan dg bb cream -merk lain- juga, hasilnya menyatu di kulit, karena wardah gel cepat menyerap, jadi ga bermasalah selama kamu cocok/ga ada reaksi alergi dg komposisi bb creamnya.

      tapi…. ada sedikit catatan nih, karena jenis kulitku berminyak, sebentaran aja bb creamnya udah meleleh/luntur di bagian hidung (hidungku bag wajah yg paling berminyak) jadi menurutku dilihat jenis kulitnya juga. kalo kulit berminyak spt aku mungkin kurang cocok pakai cream. gitu, yohanna, mdh2an jelas ya & bisa jadi bahan pertimbangan.

    • kita ga akan prnh tau kalo blm coba. aku sendiri termasuk mereka yg berkulit sensitif tp alhamdulillah cocok dg produk ini bahkan udah jadi kebutuhan kayaknya🙂 ga ada salahnya koq mencoba, harganya juga nggak terlalu mahal🙂

      iritasi kulit biasanya terjadi kalo menggunakan produk dg kandungan kimia yg terlalu keras misalnya pd produk pemutih. kalo reaksi alergi bisa juga karena kulit kit ga tahan dg bahan sintetis (buatan), pewangi sintetis misalnya. kadang juga timbul jerawat kalo ada kandungan tertentu yg menyumbat pori spt mineral oil (tdk semua orang). nah alhamdulillah aku ga ngalamin semua reaksi tsb selama pemakaian produk diatas. dan kalo eka masih ragu, masih banyak koq kosmetik yg diperuntukkan buat kulit sensitif & acne prone.

      • kak boleh curhat🙂 ., jadi dini kak aku kan masih umur 16 tahun trus waktu smp dulu aku pakek garniaer + krim malem nya awalnya sihh kulitku bagus putih bersih , tapi masih ada jerawatnya dikit ., trus lama kelamaan jerawatnya jadi meradang ., trus aku berhenti pakek garnier trus aku pakek beby crem ama minyak bulus buat ngilangin jerawat ., jerawatnya sih agak berkurang tapi bekasnya masih ada ,., trus temenku smk kan ada yang pakek wardah katanya bagus dya itu pakek medicline buat ngilang in jerawatnya ama pelembab wardah ., trus aku pingin nyobak tapi gak tau wardah yang apa yang harus aku beli yang cocok untuk melembabkan kulit , ngilangin jerawat and bekasnya ., makasih mohon di jawab ya kak🙂

        • aku juga dulu sering jerawatan. dari sisi kosmetik, kulit berjerawat itu biasanya cocok pakai pelembab berbentuk gel karena jenis lain (cream, lotion, dll) biasanya meninggalkan film/lapisan di permukaan kulit & menutupi pori2, akhhirnya timbul jerawat. selain itu jangan pakai produk yg mengandung mineral oil, itu juga menyumbat pori2. aku saranin pakai wardah acne perfecting moisturizer gel, pembersih wajahnya pakai yg acne cleansing gel supaya ga ada lapisan di permukaan kulit.

          problem jerawat memang sering membingungkan kalo kita ga tau penyebabnya, mungkin ningrum termasuk yg berkulit sensitif jadi ga bisa pakai sembarangan kosmetik/sabun. kalo memang benar kulitnya sensitif, berarti ningrum ga bisa pakai produk kosmetik yg mengandung bahan tertentu, misalnya mineral oil (spt tsb diatas), pewangi sintetis, pewarna sintetis, juga bahan kimia lain spt produk pemutih (arbutin, AHA, dll) intinya cari produk yg senatural mungkin. yg bahan kimianya sedikit sekali & masih bisa ditoleransi oleh kulit sensitif, buat kakak yg cocok ya 2 produk wardah yg disebutkan tadi.

          problem jerawat juga biasanya kebanyakan diakibatkan problem didalam perut terutama pencernaan (walaupun ada juga sebab lain). jadi kita bisa berusaha menempuh pola hidup sehat supaya tubuh bekerja dg baik. minum air putih, istirahat (tidur) cukup, makan buah & sayur, makan dg benar dg makanan natural, hindari junk food & makanan mengandung MSG, pewarna & pemanis sintetis, pengawet. olahraga teratur.

          mdh2an jawabannya bisa membantu, kalo ada ptnyn lain, silahkan ditanyakan, jangan sungkan ya…🙂

  4. ditaiwan dimana saya beli cosmetick wardah
    mukaq rusak bnyak jerawat dan bekas jerawatny trz kring berminyak tolong donk infonya pengen nyoba wardah q malu ma mukaq sndiri dan minder

    • wah, terimakasih atas pertanyaannya tapi maaf aku ga tau dimana bisa dapetin produk wardah di taiwan. mungkin bisa lewat toko online, banyak banget toko online yg jual wardah. yg jelas kulit berjerawat biasanya cocok (jerawat berkurang atau hilang) pakai produk berbentuk gel, produk selain itu (cream, lotion, dll) biasanya bisa meninggalkan lapisan di permukaan kulit dan menyumbat pori, akhirnya timbul jerawat.

      selain itu hindari produk yg mengandung mineral oil karena bisa menyumbat pori juga.

      selain itu problem jerawat biasanya kebanyakan diakibatkan problem didalam perut terutama pencernaan (walaupun ada juga sebab lain). jadi kita bisa berusaha menempuh pola hidup sehat supaya tubuh bekerja dg baik. minum air putih, istirahat (tidur) cukup, makan buah & sayur, makan dg benar dg makanan natural, hindari junk food & makanan mengandung MSG, pewarna & pemanis sintetis, pengawet. olahraga teratur. insyaallah problem jerawat berkurang bahkan hilang walau tanpa obat jerawat. aku udah buktikan🙂 selamat mencoba, semoga sukses.

  5. assalamu’alaikum. . mba saya perempuan skrg umur 17 tahun muka saya berminyak dan berjerawat waktu itu saya ke toko kosmetik sama SPGnya disuruh pake merk Sulamit udah saya pake alhmdulillah jerawat saya semakin hilang cm kadang muncul kalo ada tamu bulanan setelah beberpa bulan saya perhatikan malah muka saya ada bintik2 kecilnya terus muka kusam agk bnyak kemudian saya ganti produk Wardah tp saya pakai yang lightening dan pelembab step 2 nah yang saya tanyakan apa pendapat mba yg saya lakukan ini? dan saya minta saran dari mba. . sebelumnya saya sampaikan terima kasih🙂

    • makasih ya atas ptnynnya, prolem kulit berjerawat itu kompleks, kita harus mengenali dulu penyebab jerawat di kulit kita. penyebab jerawat itu bisa bermacam2, ada yg diakibatkan karena salah pemakaian kosmetik, akibat dari hormon atau masalah kesehatan dalam tubuh kita spt problem pencernaan atau akumulasi racun yg menumpuk dalam tubuh kita🙂

      sebenarnya kulit yg cenderung berjerawat kurang cocok dgn produk jenis cream karena produk jenis ini melapisi kulit sehingga bisa menyumbat pori2. cocoknya hanya bahan gel, itupun perlu dilihat lagikandungannya, jangan sampai ada mineral oil karena bahan ini juga menyumbat pori2.

  6. mau curhat neh, di wajahku ada jerawat tp sedikit td nya kulit aku kering setelah pk cream siang dan mlm produk lain jd berjerawat, td aq udh beli acne perfecting mousturizer gel, bisa menghilangkan jerawat ga ya???? trs aq mw cb bedak tabur acne face powder bgs g? makasih

    • hai, sri. makasih atas ptnynnya. kulit wajah berminyak memang kurang cocok pakai produk cream, malah jadi makin berminyak dan berjerawat. baiknya pakai produk berbasis gel karena bahan gel nggak meninggalkan lapisan pada kulit kita sehingga nggak menyumbat pori2 kulit. utk wardah acne perfecting moisturizer gel kebetulan bekerja dgn baik utk kulitku (cocok), selain rasanya sejuk, dia juga mengandung bahan utk mengurangi peradangan pada jerawat, padahal aku hanya menggunakan pelembab & sabun pembersih wajahnya lho dari wardah acne series, belum prnh pakai acne treatment-nya.

      utk acne face powder sebetulnya bagus, formulanya aman buat kulit berjerawat, sayangnya warnanya hanya satu shade, selain itu oil controlnya kurang bagus, ga tahan lama, sebentar aja udah minyakan. utk bepergian apalagi buat make up pesta sih kurang cocok, bagusnya buat bedak harian/dipakai ketika kita di rumah. selain dari hal yg kusebutkan tadi, wardah acne face powder bagus buat kulit berjerawat, kandungannya aman & lembut di kulit🙂

  7. mbak, saya mau nanya .saya cew umur 19th .mnrut saya, wajah saya itu berminyak dan berjerawat, tp dulu waktu saya beli -produk- mbak salesnya bilang kulit saya itu cenderung kering, kemudian saya dkasih produk gel.setelah pake, wajah saya malah jadi berlebih minyak.
    Dengar2 memang produk wardah ini sangat bagus, saya pengen nyoba.kira2 apa yg cocok untuk kulit sya ..terimakasih.

    • makasih atas ptnynnya, vela. mungkin kulit kamu termasuk kombinasi atau bisa jadi kulitmu berminyak dan bagian yang kering bisa jadi diakibatkan pemakaian sabun wajah yg mengandung bahan deterjen (sodium laureth sulfate) produk pembersih wajah rata-rata menggunakan bahan ini dan sebetulnya kurang bagus buat kulit wajah.

      nggak semua produk berbasis gel cocok buat kulit berminyak, tergantung kandungan produk tersebut. ada pelembab gel yg mengandung mineral oil yg pada sebagian orang menimbulkan jerawat. ada juga pembersih wajah gel yg bikin wajah kering karena membabad habis minyak di wajah. sebagian produk tersebut mengandung alkohol tinggi yg mengakibatkan kulit kering, sebagian lagi mengandung alumunium chlorohydrate yg menutupi pori2 kulit, dll.

      kebetulan aku pakai wardah udah lama dan produk ini adalah yg paling cocok di kulitku yg berminyak dan sensitif, aku cuma pakai 2 produk dari acne series wardah yaitu pelembab (wardah acne perfecting moisturizer gel) & pembersih wajah (wardah acne cleancing gel), dgn hanya menggunakan 2 produk ini aja problem kulitku udah selesai🙂 wardah menggunakan bahan2 yg aman, nggak mengandung alkohol tinggi ataupun alumunium chlorohydrate. kandungan lainnya juga bagus. harganya juga murah & mudah didapat.

  8. Kak punten aku mau tanya nih
    Kak muka aku sensitive, berjerawat berminyak akibatnya kusam juga, aku sudah coba2 kosmetik untuk mnghilangkan jerawat tp gada hasilnya.
    Aku jg pernah mngikuti perawatan dokter awalnya emg ada perubahan mukaku bersih tp akhirnya kembali semula lagi muka yg brminyak dn berjerawat.
    Aku pngen nyoba produk wardah kak tp tkt ga cocok,
    Menurut kka bgaimna solusinya ?
    Dr produk wardah apa yg harus aku pakai untuk mnghilangkan jerawat dan brminyak serta mncerahkan wajah?
    Punten kak terimakasih seblmnnya🙂

    • aku juga dulu termasuk yg sering berjerawat karena punya jenis kulit sensitif, alhamdulillah cocok pakai wardah acne series. aku cuma pakai pelembab (acne perfecting moisturizer gel) & pencuci muka aja (acne cleansing gel) dan udah bersih jerawatnya sampai hari ini. wajahku juga lebih cerah dalam arti nggak kusam ya bukan warna kulitnyna yg berubah.

      sekedar info, baiknya kulit sensitif jangan terlalu banyak pakai kosmetik & skin care apalagi yg mengandung bahan yg terlalu keras. kulit sensitif biasanya memiliki lapisan yg tipis sehingga zat kimia yg dioles di permukaan kulit bisa langsung bereaksi dg syaraf2 dibawah kulit (dikarenakan jarak antara lapisan kulit atas & bawah berdekatan). nah, wardah acne series ini termasuk yg komposisinya sangat ramah di kulit. aku udah coba bbrp produk acne series dari merk lain, cuma wardah ini yg paling cocok, mudah2an kamu cocok juga ya🙂

      selain itu, ada lagi nih problem kulit berminyak, baiknya selalu menggunakan kosmetik/skin care berbahan dasar gel karena bahan lain (lotion, cream, dll) akan meninggalkan lapisan/film pada permukaan kulit, termasuk pada penggunaan pembersih wajah sehingga lapisan/film tsb menyumbat pori2 kulit. oya, acne clansing gel wardah bisa koq membersihkan make up tebal yg kupakai, aku ga pernah lagi pakai pembersih & penyegar.

    • makasih atas ptnynnya. sptnya sih ga berpengaruh soalnya stlh pakai wardah acne perfecting moist gel utk bedak tabur aku selalu pakai merk platinum ristra. sesudah itu baru pakai twc wardah & sejauh ini hasilnya bagus, nggak ada masalah di kulitku. semoga membantu🙂

  9. .wajah’q berminyak n brjerawat bnyak tp kcil2 ?nympe bosen ganti2 produk .pengen nyoba produk wardah .
    .tp yang co2k utk wajah berminyaj dan berjerawat kcil2 pke produk wrdah yang mana ?

  10. Mba artikelnya bagus bgt, aku jd pengen nyoba, stlh baca comment2 mba diatas, yg bikin aku sadar kl emg produk untuk 4musim dan 2musim itu psti beda hihihihi slama ini aku pikir sama aja. Ohya mba aku mau tanya, kl untuk retouch stlh berwudhu itu, cuma bedak aja? Atau dri pelembab+sunblock nya? Mksh sblmnya mbaaaa^^

  11. aqw mau tanya mbak muka qw kan berjerawat trus cenderung berminyak
    kadang juga jerawatnya sering muncul
    apa cocok pakai produk ini

    • hai ludvia, makasih atas ptnynnya, cocok atau nggaknya aku nggak tau🙂 tapi berdasarkan pengalamanku yg punya muka berminyak and sering berjerawat kemungkinan sih cocok ya, hehe.. aku sok tau banget ya? soalnya anakku yg mulai remaja and berjerawat pun cocok tuh pakai produk ini.

  12. halo ka , aku dian aq mw nnya ka kulit qu kan sensitive lw kena debu sidkit langsung timbul jerawat , aku bingung ngatasi nya ,pake obat jerawat malah tambah banya rata -rata jerawat qu itu meradang semua , solusi apa ya ka supaya jerawt cpat hilang gaya hidup sehat qu uiadh aku terap kan.

    • hai dian, selamat ya kamu udah menerapkan gaya hidup sehat. dian mungkin memiliki kulit sensitif sehingga mudah meradang jika menggunakan produk yg mengandung bahan kimia terlalu keras. artinya ulit dian sangat lembut. produk untuk kulit berjerawat menggunakan bahan aktif yg berbeda-beda lho. aku pribadi biasanya kurang cocok jika menggunakan produk yg mengandung sulfur, misalnya. jadi, mungkin dian bisa mencari produk-produk perawatan kulit khusus buat kulit sensitif🙂

  13. mbak mf,semenjak saya motoran trus saya jadi tambah bnyak jerawat.a.
    kalw ,pengen bersih maxsimal pake wardah tahapan.a pake wardah ap aj..thankz ya

    • kebetulan aku juga sering naik motor, aku cuma pakai wardah acne cleansing gel trus pakai wardah perfcting moisturizing gel sbg pelembab, selebihnya cuma pakai bedak aja, ga ada produk perawatan lain. selama menggunakan produk tsb aku ga pernah lagi ngalamin jerawatan bahkan ketika hamil sampai melahirkan.

      kalau jerawatnya nambah sejak naik motor mungkin kamu musti rajin cuci muka aja kali ya, soalnya wajah jadi gampang kena debu, kadar minyak di wajah tiap org kan beda2, ada yg berminyak banget and ada juga yg nggak terlalu berminyak.

      pola hidup juga berpengaruh thd kondisi kulit kita. kita hrs banyak minum air, jerawat bisa muncul karena terlalu banyak racun/toksid yg mengendap di tubuh kita dan karena itu jugalah aktifitas fisik diperlukan, rajin olahraga buat detoksifikasi, jangan makan junk food termasuk cemilan yg mengandung pengawet & pewarna. anyway makasih ya atas pertanyaannya🙂

  14. Mbak mau tanya kalo malem kamu masih pake produk ini atau nggak ya? Soalnya produk ini kan mengandung spf jd seharusnya cuma dipake pas siang.. Aku pengen coba sih sebenernya wardah acne perfecting moisturizer gel ini, cuma masih bingung kalo udah beli mau dipake pas pagi atau siang aja, atau malem juga masih dipake (soalnya kan wardah juga punya intensive night care kalo nggak salah). Makasih sebelumnya mbak🙂

    • aku cuma pakai produk ini di siang hari, setahuku krim perawatan di malam hari biasanya dipakai sama mreka yg mempunyai kulit kering atau yg udah mulai memasuki usia 35 keatas. mohon maaf kalau salah.

      intinya, memilih produk sebaiknya disesuaikan dgn kebutuhan dan kondisi kulit kita. kalau kulit berminyak cocok menggunakan produk berbasis gel, kulit kering cocok menggunakan produk berbasis cream, dst.

      anyway makasih ya atas komentarnya🙂

  15. mbak, aku mau nanya ni..
    tadi kan aku beli Wardah Acne Perfecting Moisturizer, tapi setelah aku liat2 di kardusnya kok ada tulisan spf 30 ya?
    tapi di botolnya spf 18, apa produk yg aku beli itu palsu?😥
    soalnya setahu aku spfnya emang yg 18..

    • produk yg dipalsukan itu biasanya produk luar negeri yg sudah mendunia seperti lancome, MAC, dll. wardah sepengetahuan saya masih berada di wilayah lokal atau baru mencapai asia tenggara.

      mungkin yg kamu beli itu wardah moistuzer gel yg sunscreen punya. kebetulan produk itu kemasannya diperbaharui. kalau kamu merasa kurang yakin, bisa tanya ke website wardah. makasih udah mampir ke blog aku🙂

  16. Halo mbak, mau tanya nih stelah memakai produk acne perfecting moisturizer wardah boleh dilapisi/ di timpa dengan BB cream dari Caring gak? Thanks ya mbak.

  17. Go mana kale Buat jerawat yang Sudah akut kayak jerawat batu misalnya… Kalo Buat muka yg berlubang2 g mana ?? D jwab ya.. Mksih😉

    • hai, makasih atas pertanyaannya ya… dalam menangani jerawat, pertama kali yg harus kamu ketahui adalah jenis kulit kamu, apakah berminyak, kering-berminyak, atau yg lain. jika kulit kamu berminyak maka baiknya kamu gunakan skin care berbahan dasar gel dan hindari SEMUA yg mengandung bahan penyumbat pori-pori, seperti: mineral oil, dll. pada umumnya, hampir semua produk skin care/kosmetik berbentuk lotion/cream akan meninggalkan lapisan pada permukaan kulit (termasuk produk sabun pembersih wajah sekalipun). skin care buat laki2 biasanya pembersih wajah.

      perlu juga kita ketahui bahwa penyebab umum masalah jerawat adalah TOKSID/RACUN yg terkumpul dalam tubuh kita. maka baiknya kamu juga melakukan detoksifikasi spt: minum air putih cukup, olahraga, makan sayur buah, dll. sauna juga bagus buat mengeluarkan racun pada tubuh tapi harus banyak minum ya…

      perhatikan juga gol. darah kamu, karena ada jenis makanan tertentu yg dpt memicu tumbuhnya jerawat bagi tiap2 golongan darah. makanan tsb sebaiknya dikurangi, tapi jangan dipantang.

      ada baiknya perhatikan pola makan, kadang2 ada jenis makanan pencetus alergi yg tidak kita sadari tapi sering kita konsumsi. misalnya susu sapi, banyak yang mengalami alergi akibat susu sapi dan produk turunannya walau tentu tidak semua orang (biasanya ras asia dan kaukasia yang rentan alergi susu sapi). untuk mengetahui makanan pennyebab alergi ga mudah juga sih…. bisa test di lab kalo ga salah sih (dulu aku pernah konsultasi masalah ini dg dokter). cara yang paling mudah sih perhatikan pola makan kita sehari-hari. semoga bermanfaat ya. kalo ada prtanyaan lain angan sungkan buat mampir lagi kesini ya🙂

  18. Hai kak, saya mau tanya. umur ku baru 16 belum punya pengalaman apa2 sama makeup. aku dari dulu cuma pakai white beauty facial wash ponds. tapi pas beranjak sma aku coba ganti pake garnier. terus aku coba2 pake bb creamnya garnier, eh malah kulitku jadi kusam sekarang ka dan berjerawat. terus pindah pake pond white beauty cream gitu kak, tapi ga ada hasilnya malah jerawatan sama tambah kusam. kalau aku mau ganti ke wardah, aman ga kak untuk remaja umuran se aku? dan aku pake semua lightning series nya boleh kak?
    makasih yaa kak, maaf jadi curhat

    • jerawat itu penyebabnya bermacam2, sayang ^_^ bisa krn hormon, alergi produk atau alergi makanan, masalah pencernaan atau ini nih yg paling banyak terjadi >>> terlalu banyak racun/toksid yg berkumpul dlm tubuh.

      menurut kakak, mungkin kamu kurang cocok sama produk yg kamu gunakan, boleh jadi mungkin kulit kamu sensitif, ga bisa bertoleransi dg bahan2 dlm produk tsb. misal: pewangi sintetis atau bahan kimia lain yg terlalu keras buat kulit sensitif, misal: pemutih kulit.

      atau bisa jadi kulit kamu berminyak dan mudah berjerawat, kalo memang benar, kamu ga bisa pakai produk yg mengandung mineral oil. dan hanya cocok dgn pembersih wajah atau pelembab berbahan gel. karena semua pembersih dan pelembab akan meninggalkan lapisan/film di kulit kita yg bisa menyumbat pori2. gitu. mudah2an kamu bisa cari produk yg cocok ya. sebelumnya kita hrs tau jenis kulit kita terlebih dahulu. makasih udah mampir di blog kakak, kalo ada prtnyn lagi, kakak tunggu ya….🙂

  19. wajahku gak berjerawat,tapi kulitku kering, tapi pasti setelah pake pelembab+bedak kulit jadi berminyakk bangett . pasti itu ! gatau deh kulitku ini jenis kulit apa .
    apa bisa pakai produk wardah yg itu ???

    • iya, sekarang banyak kita temui org dgn jenis kulit berminyak tapi juga kering. kita hrs tau penyebab kenapa kulit kita berminyak dan kenapa kulit kita kering.

      baiknya kau cari tau dulu jenis kulitmu, menurutku mungkin jenis kulit kamu normal cenderung kering. persoalan kulit berminyak setelah pakai pelembab, aku rasa karena pelembab yg kamu gunakan membuat keadaan kulitmu seperti itu. nggak ada salahnya sih coba pelembab wardah acne gel, formulanya ga bikin kulit berminyak. harganya juga ga mahal.

  20. mw tanya mbk,,,kemaren aku beliacne perfecting moisturizer gel,,,aku lupa g liat spf mbk,,,nterxata spf yang 30 mbk,,,trus ini gmn mbk? gpp make’ yang ini apa harus cepet ganti yang spf 18 ya mbk?

    • itu tergantung kebutuhan kamu, say. kalo buat sehari2, misal buat ke kampus aja sih pakai spf 18 cukup koq.

      tapi kalo kamu mau pergi ke tempat yg panas (misalnya ke pantai) kamu boleh tuh pakai yg spf 30.

      trus kalo kulit kamu sensitif, kamu pakai yg wardah acne perfect moisturizig gel spf 18 karena bahannya sesuai buat kulit sensitif. termasuk juga kulit wajah yg berminyak & mudah berjerawat, bisa tuh pakai wardah yg aku sebutin barusan.

      gimana? jelas ga? kalo masih ada pertanyaan aku tunggu ya… makasih udah mampir di blog aku🙂

  21. Mbak aku pengen nanya nih kan jenis kulitku berminyak banget, berjerawat kecil2, dan komedo, jadi aku harus beli produk wardah yg mana aja nih? Kalo misalkan sesudah pakai pelembabnya boleh pake bedak marks? Soalnya waktu saya ke dokter muka saya cocoknya pake bedak marks aja. Thanks

  22. -wardah acne perfecting moisturizer di oleskannya ke seluruh permukaan kulit wajah yang sehat/pada bagian daerah yang ada jerawatnya aja mba.
    -wardah acne pefecting moisturizer emang boleh tah di jadikan sebagai pelembab sehari-hari ?
    balas dooong tolong bls :

    • wardah acne perfecting moisturizer adalah pelembab yg cara pakainya dioleskan ke seluruh permukaan kulit wajah dan digunakan sbg pelembab harian/se-hari2, sedangkan utk yg digunakan pada jerawatnya aja namanya wardah acne treatment 10 ml🙂

      • Mbak mau nanya nih umur sya 17 thun sya pnya mslah kulit berjerawat dan berminyak sensitif banget klo kena debu itu suka numuh jerawatny klo pke wardah acne gel yg ini ap bsa melindungi kulit dr debu atau kotoran?dan jg apa bsa menghilangkan bekas jerawatny?terimakasih ya sebelumny mhon jwban dn saranny mba🙂

        • hai lagi cicilia, ptnyn kamu sblmnya udah aku jawab ya… sptnya problem kamu sama dg aku, yaitu kulit sensitif. org2 dari kota besar yg banyak debu and polusi banyak yg punya problem spt ini. walaupun penyebab jerawat bermacam2 tapi kebanyakan problem jerawat diakibatkan oleh terlalu banyak racun/toksid yg menumpuk dlm tubuh, darimana? polusi kendaraan, asap pabrik, rokok, pewarna makanan, dll. mengatasinya dg DETOXIFIKASI:

          1. banyak makan buah dan sayur (toksid dikeluarkan melalui kotoran jadi fungsi pencernaan dijaga supaya lancar)
          2. minum air putih yg cukup (ini membantu kerja ginjal mengeluarkan toksid dlm tubuh)
          3. olahraga dan banyak beraktifitas (toksid dikeluarkan salah satunya lewat keringat)

          sebenarnya debu & kotoran bukan penyebab utama jerawat.

          selain itu kulit sensitif hrs memilih jenis kosmetik yg formulanya lembut. memang ga banyak tapi ada. salah satunya produk yg aku review diatas.

          menurut pengalamanku sih biasanya kulit sensitif ga bisa menggunakan bahan2 tertentu seperti pewangi sintetis, pemutih spt AHA, dll jadi kita pakai pelembab yg biasa aja.

          ada satu hal lagi mengenai kulit, bahwa kulit itu “dikendalikan” oleh organ paru2, jadi kita upayakan agar paru2 bekerja dg baik.

          gitu, cicilia…. semoga membantu ya…🙂

  23. Mbak sorry ak cicilia umur 17 aku mau nanya nih ka kalo wardah gel yang ini bisa ngilangin jerawat dan bekas jerawatnya ga ka?terimkasih sebelumnya ka tolong jwaban dan sarannya ya kak makasih🙂

    • hai cicilia, makasih atas pertanyaan kamu ya… menurut pengalamanku wardah acne perfecting moisturizing gel ini bisa menghilangkan jerawat tapi tidak instan, dia mengecilkan/mengempiskan jerawat dlm watu bbrp hari. produk yg kupakai dari seri ini ada 2, yaitu pelembab (yg aku sebutkan tadi) dan acne cleansing gel, mungkin kalo jerawat lg meradang bisa dibantu dg wardah acne treatment gel yg pemakaiannya langsung dioles ke titik2 jerawat.

      mengenai bekas jerawat, biasanya akan hilang dg sendirinya seiring dg proses regenerasi kulit. artinya bekas jerawat akan memudar dg sendirinya. gitu. kalo kamu msh ada prtnyn jgn sungkan ya buat tanya2 lagi🙂 semoga jawabannya bisa membantu kamu🙂

  24. Satu lagi mbak ,kalo ini udh beredar di supermarket blm yah mbak.. Saya pngn nyoba soalny pake bedak dn sabun bayi jerawatny msh ska numbuh mungkin gra2 sabun bayi tdak membersihkan kotoran scra total .. Tlg ya mbak makasih mbak😀

    • produk bayi cukup banyak yg memiliki kandungan mineral oil, kadang2 ada yg ga cocok sama bahan ini. bahan ini bisa menyumbat pori2 terutama buat kulit berminyak. aku termasuk yg ga cocok dg kosmetik/skin care dg bahan mineral oil. biasanya memang suka ada jerawat.

      produk ini dijual di supermarket tertentu, biasanya di hypermart, carrefour dan giant. dan dijual di studio bukan produk retail. di star dan matahari juga ada. yg jual online juga banyak sih… kebetulan wardah ada toko online nya juga http://www.wardahshop.com trus di toko2 kosmetik biasanya ada juga🙂 semoga jawabannya bisa membantu ya….🙂

  25. Mbak pake wardah acne perfecting moisturizer ini setiap pagi ya sebelum beraktifitas keluar rumah? Kalo pakenya setiap pagi terus di rumah aja ga kemana2 bisa ga? Kulitku sensitif kata dokter mbak tapi mau nyoba moisturizer ini sama tonernya. Sebenernya lagi nyari toner aja utk kulit sensitif tapi kepincut jg sm moisturizer ini secara dokter ga kasih krim apa2 utk pagi jadi ngerasa kering gitu mbak kalo abis pake facial wash terus pake bedak dari dokter. Beneran mbak moisturizer ini cocok sama kulit sensitif?

    • hai ditta, makasih atas pertanyaan kamu.

      menurut pengalamanku produk ini cocok buat kulit sensitif, bahkan anakku yg msh 11 tahun mulai pake. kita berdua pakai wardah acne perfecting moisturizer gel & wardah acne cleansing gel. alhamdulillah cocok padahal harganya murah, 2 produk masih dibawah 50rb🙂

      wardah acne series ada tonernya juga kalo ga salah tapi aku ga pake, udah cukup dg 2 produk yg aku sebut diatas ^_^ aku juga dulu bingung dan udah nyoba banyak merk berjibaku sama jerawat, alhamdulillah cocoknya sama wardah, hehehe… semoga kamu cocok juga ya…

  26. mbk
    mau tanya nih,,,Aku tuh udh 2 minggu pake night dn day cream,,,pertama cocok,,tpi setelah itu kok kyak alergi sih,,kyk bintik kecil2
    aku barusan beli wardah moisturizer gel
    itu bisa bikin wajah putih apa enggak,,trus klo udh hilang bintik nya boleh pake cream malam dn siang lgi apa enggak
    terimakazih

    • hai arum, makasih atas pertanyaan kamu ya… bintik2 kecilnya spt apa? kalo putih kecil2 mungkin itu komedo putih. sepertinya bukan alergi. mungkin kulit kamu berminyak dan pori-pori kamu tersumbat. jika iya, baiknya kamu pakai pelembab berbahan dasar gel atau lotion yg bebas minyak.

      wardah acne perecting moisturizer gel ga bisa memutihkan kulit dalam arti merubah warna kulit menjadi lebih muda/terang, cyn🙂 efek mencerahkan di tulisan itu maksudnya produk tsb ga bikin kulit jadi kusam karena biasanya kulit berminyak mudah kusam🙂

  27. mbak mau tanya, sayakan awalnya pakek resep dokter trus pengennya ganti k wardah acne series soalnya temen2 q jerawatnya pada hilang trus wajahnya bersih gtu, nahh,… setelah ganti k wardah kok jerawatku ku tamb parah yaa tapi kecil2 trus gatel banget gtu…

    oh yaa mbak sebelum beralih k wardah aku mungkin sekitar semingguan g pakek makeup apa2 niatnya sih buat netralisasi gt,

    trus ini gmana donng? mohon solusinya mbak… heheh e

    • ada beberapa jenis produk skin care dengan kandungan bahan tertentu yang membuat kita ga bisa berhenti tiba-tiba, karena bisa muncul yang disebut efek rebound, yaitu kondisi kulit yang kembali semula (ke kondisi sebelum pakai produk skin care). keadaan tersebut ga bisa membuat kita berhenti total, akan tetapi pemakaian produk itu dikurangi lalu dijarangkan sampai akhirnya berhenti sama sekali, barulah beralih ke produk lain. idealnya sih kamu tanya aja sama dokter, semoga dokter kamu pengertian ^_^

      dalam menangani jerawat, pertama kali yg harus kamu ketahui adalah jenis kulit kamu, apakah berminyak, kering-berminyak, atau yg lain. jika kulit kamu berminyak maka baiknya kamu gunakan skin care berbahan dasar gel dan hindari SEMUA yg mengandung bahan penyumbat pori-pori, seperti: mineral oil, dll. pada umumnya, hampir semua produk skin care/kosmetik berbentuk lotion/cream akan meninggalkan lapisan pada permukaan kulit (termasuk produk sabun pembersih wajah sekalipun).

      penyebab umum masalah jerawat adalah POLA MAKAN dan TOKSID/RACUN yg terkumpul dalam tubuh kita. maka baiknya kamu juga melakukan detoksifikasi spt: minum air putih cukup, olahraga, makan sayur buah, dll. sauna juga bagus buat mengeluarkan racun pada tubuh tapi harus banyak minum ya…

      perhatikan juga gol. darah kamu, karena ada jenis makanan tertentu yg dpt memicu tumbuhnya jerawat bagi tiap2 golongan darah. makanan tsb sebaiknya dikurangi, tapi jangan dipantang. gitu. semoga bermanfaat ya.

  28. Ass,,,mbak sy merasa gimanaaaa gt baca tulisan2 d atas,,,tp sy mau nany donk mbak,,,sy kan pake wardah lighting series,,,makenya enak,,tp kok muncul jerawat kcil2 ya bikin sdih,,,trus kira2 gmn y klo sy pke acne series,,,coz kngen ma wardah mbaaak,,,pliiiz jawabanny,,,mksi

    • hai putri, makasih atas ptnyn kamu. aku ngerti gimana perasaan kamu, aku juga dulu jerawatan, hehe… alhamdulillah sekarang udah nggak. pertama kali yg harus kamu ketahui adalah penyebab masalah jerawat kamu. apakah dari makanan atau pemakaian kosmetik jenis tertentu. kamum juga harus tau enis kulit kamu, apakah berminyak, kering-berminyak, atau yg lain. dari situ kita bisa menentukan produk yang sesuai untuk kulit kamu.

      jika kulit kamu sensitif maka hindari skin care/kosmetik yg menggunakan banyak bahan sintetis atau pemutih. jika kulit kamu berminyak maka baiknya kamu gunakan skin care/kosmetik berbahan dasar gel dan hindari SEMUA yg mengandung bahan penyumbat pori-pori, seperti: mineral oil, dll.

      pada umumnya penyebab umum masalah jerawat adalah POLA MAKAN dan TOKSID/RACUN yg terkumpul dalam tubuh kita. maka baiknya kamu juga melakukan detoksifikasi spt: minum air putih cukup, olahraga, makan sayur buah, dll.

      perhatikan juga gol. darah kamu, karena ada jenis makanan tertentu yg dpt memicu tumbuhnya jerawat bagi tiap2 golongan darah. makanan tsb sebaiknya dikurangi, tapi jangan dipantang. gitu. semoga bermanfaat ya. kalo sudah terbiasa dg pola hidup yg baikk insyaallah gampang koq menyembuhkan erawat secara alami dengan modal yang sangat murah🙂

        • hai, tika, makasih atas pertanyaannya. jawaban atas pertanyaan kamu sebetulnya cukup panjang. kalo kamu mau, bisa tanya ke e-mail supaya lebih leluasa. aku coba jawab dg singkat ya…

          menurut pakar kecantikan dari new york, susan ciminelli, kulit berminyak hanya boleh menggunakan produk skin care berbahan gel, baik pelembab, pembersih wajah, dll. karena semua produk skin care (berbahan lotion, cream) akan meninggalkan lapisan pd permukaan kulit dan lama kelamaan akan menyumbat pori2.

          kita juga hrs menghindari pemakaian skin care/kosmetik yg mengandung bahan yg bisa menyumbat pori2, spt: mineral oil krn lama kelamaan bisa menimbulkan jerawat.

          utk bedak, pakai yg oil control-nya bagus, aku juga kulitnya berminyak, kebetulan saat ini menggunakan wardah lightening two way cake yg extra cover.

          trus, kamu berjerawat di wajah bagian mana? kalo di bagian pipi maka itu menunjukkan problem pencernaan, pola hidup kamu hrs diperbaiki.

          sebagian besar problem jerawat terjadi akibat penumpukan racun di dlm tubuh, kita perlu detoksifikasi yang alami. tubuh punya sistem detoks dan kita harus maksimalkan fungsi tsb.

          trus aku sarankan pola makan sesuai golongan darah, makanan yg dilarang dlm diet ini sebaiknya kamu jarangkan (makan sebulan sekali atau 2 kali) karena ada makanan peimcu jerawat jika dimakan terlalu sering.

          selain itu, ada kemungkinan lain penyebab jerawat yaitu alergi susu sapi, sebaiknya kita jarangkan konsumsi susu sapi dan turunannya. sumber kalsium bisa didapat dari buah dan sayur jenis tertentu (bisa searching di google), ikan (terutama ikan laut) juga susu kambing.

          menurut salah seorang ilmuwan muslim, minum susu sapi jika dibarengi dengan makanan asam, maka akan mengakibatkan gumpalan pada sistem pencernaan dan berakibat gangguan disitu. ini juga merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling banyak karena susu sapi banyak digunakan di bermacam2 produk makanan & minuman.

          ok, deh, itu aja ya. kalo kamu msh ada pertanyaan, aku tunggu🙂

  29. Kak umurku 16th, skrng aku masih pakai kosemtik salon kecantikan, klok mau pindah pakai wardah kira2 butuh berapa lama untuk menetralisir, trus klok buat bedaknya cocoknya pakek yg mana?soalnya muka’ku minyaknya berlebihan dan berjerawat.
    Tolong dibales ya kak. MAkasi😊

    • Hai elmi, makasih atas pertanyaannya. Itu tergantung komposisi dari skin care & kosmetik yg kamu gunakan saat ini. Kalo hanya pelembab biasa, kamu boleh langsung ganti ke wardah. Tapi kalo mengandung bahan tertentu (biasanya whitening) maka kamu hrs hati2, baiknya jangan langsung ganti, sayangnya kakak nggak tau jenis skin care & kosmetik yg kamu pakai, kalo ada waktu kamu boleh tanya lebih lanjut ke e-mail biar lebih jelas.
      Bedaknya bisa yg berbentuk compact powder karena dipakainya ringan buat harian. Bedak taburnya juga bagus, oil controlnya cukup baik. Ok, elmi aku tunggu e-mailnya ya…

  30. Teh wajah aku udah pke pemutih trus putih dan berjerawat dan saya ingun menggunakan wardah yang mana yg musti saya pake karna saya pngen jerawatnya ilang dan muka saya tetep putih… Makasih ditunggu balesannya

    • buat kulit berjerawat ya wardah acne perfecting moisturizer gel, biasanya sih beauty advisornya akan menyarankan kamu buat bersihin (menghilangkan) jerawatnya dulu, baru stlh itu pakai produk pemutih. tapi sblmnya, kamu hrs kenali jenis kulit kamu, saranku sblm pakai krim pemutih, baiknya kamu coba produk di dagu, jika ada reaksi alergi semisal gatal atau ada iritasi kulit (perih/kulit memerah) berarti kamu ga cocok dgn salah satu bahan dalam krim tsb🙂

  31. Kk q mau tanya wajh q kusam bermnyk dan berjerwat..kl pke bdak jg ga tahn lm.kl wajh udh bermnyk rasany gatal bngt mukany mba.kl pke pembrsh wajh sell cock d awl lm2 mukny jd berjrwt dan kusam ..gmn y mba solusnya..

  32. Mba, wardah acne perfecting moisturizer gel ini aman digunakan minimal usia berapa ya? Mau nyoba, tapi, takutnya belum cukup umur. Makasih

    • Hai riz, makasih atas pertanyaan kamu ya… Persisnya sih aku kurang tau ya pemakaian produk ini minimal usia brp tapi anakku usia masih 11 thn pakai produk tiap hari pas berangkat sekolah karena kulitnya suka merah2 terbakar matahari. Alhamdulillah cocok udah pakai selama 2 th🙂

    • Wajahku berminyak di Tzone. Kira kira wardah apa yang cocok? Kemaren sempat pake yang ligtning seriez tapi bedeknya g awet

      • hai ulfa, makasih atas pertanyaannya, menurut pengalamanku sih wajah berminyak cocoknya pakai wardah acne moisturizer gel, sedangkan twc-nya pakai yg lightening series tapi yg extra cover ya, kalo yg light feel kurang awet🙂

  33. Wajah ku berjerawat dan sekarang lagi ngelupas2 gitu kulitnya. Katanya bisa ngurangin kelupas kulit pake pelembab kira2 pelembab wardah ini bisa di pake buat ngurangin pelupasan diwajah ga

    • hai rida, makasih atas pertanyaannya, kalo pengelupasan alami bisa pakai pelembab yang cream (kulit normal/berminyak), kira2 jenis kulitt kamu apa ya, kalo kita tau jenisnya nanti kita bisa kasih tau produk yg tepat.

      tapi kalo pengelupasan karena proses chemical peeling atau produk skin care lain baiknya sih kamu konsultasikan sama yg ahli🙂

  34. Selamat malam kak, aku baru saja melihat review kaka tentang moisturizer acne perfecting gel ini, kebetulan aku lagi mencari moisturizer yang tepat untuk kulit aku. kulit aku sangat oily dan sangat sensitive, apa produk wardah ini dapat mengurangi jerawat? lalu aku sudah memakai produk serum dan cc cream dari fair n pink, produk tsb sudah cocok disaya untuk menghilangkan jerawat. moisturizernya lebih baik di pakai sebelum pakai serum atau sesudahnya ya? trima kasih..

    • hai viola, makasih atas pertanyaan kamu ya… biasanya sih serum dipakai terlebih dahulu, setelah itu baru kamu lanjutkan dengan pemakaian pelembab/moisturizer. sejauh ini sih berdasarkan pengalamanku, produk wardah ini bisa mengurangi jerawat karena memang ada bahan anti bakteri, oil control-nya bagus juga, lebih bagus daripada produk2 lain yang pernah aku coba. kulitku sama spt kamu berminyak dan sensitif. selamat mencoba ya…🙂

  35. Ka umur aku 17 kalo aku beli yang spf 30, Aku pakai cuma buat ke sekolah ka apakah itu wajar? Bedanya spf 18 Dan 30 apa ka?

    • hai, mega. makasih atas pertanyaannya. boleh dan wajar aja koq kalo kamu pakai produk itu. malah bagus karena melindungi kulit kau dari matahari. wardah acne perfecting moisturizing gel spf 30 adalah versi baru dari spf 18, komposisi produknya sama, bedanya perlidungannya terhadap sinar matahari lebih baik, spf adalah sun protecting factor🙂

    • hai, makasih atas ptnynnya, produk ini mengandung sunscreen/tabir surya, sebenernya penggunaannya buat siang hari tapi aku pakai produk ini at anytime walaupun lagi di rumah, misalnya sehabis mandi sore atau malam sblm tidur. dan oke oke aja hasilnya🙂 karena ini best product yg buatku pribadi blm ada yg lebih bagus dari ini (ups… kayak iklan aja, hehe…)

      mungkin hal yg boleh dipertimbangkan adalah pendapat sebagian orang bahwa sunscreen makin besar kandungan spf-nya maka makin besar kemungkinan menyumbat pori2 tapi ini bukan pendapat ahli ya… masih harus dikonfirmasi dgn yg lebih berkompeten.

Leave a Reply

