RESEP SEHAT, PANJANG UMUR DAN AWET MUDA

banyak orang bertanya berapa usia saya, pada posting kali ini pertanyaan tersebut akan saya jawab, tahun 2017 ini, usia saya menginjak 36 tahun, memang biasanya orang tidak percaya, bahkan menganggap saya becanda, kebanyakan orang menyangka usia saya masih 20-an. lalu pertanyaan akan berlanjut ke pertanyaan kedua. koq bisa sih keliatan muda?

pola hidup sehat adalah rahasianya, resepnya sederhana dan relatif mudah. disiplin dan sabar adalah kuncinya tapi pertama kali yang harus dilakukan adalah cintai tubuh anda. peribahasa mengatakan tak kenal maka tak sayang.

posting kali ini adalah hasil pengalaman pribadi, silahkan mengambil manfaat dan jika tidak berkenan tinggalkan saja, tujuan utama saya memposting ini adalah ingin mengajak orang untuk kembali ke pola hidup sehat agar bisa meningkatkan kualitas hidup. jadi, apa aja rahasianya? langsung kita kupas satu persatu.

1. hindari stres, ini adalah faktor utama penyebab penuaan, selain itu daya tahan tubuh akan merendah. jalani apa yang menjadi keyakinan anda, lakukan hal yang membuat anda bahagia, jangan takut berbeda dari orang lain.

2. makan banyak buah dan sayur, terutama yang masih mentah, bukan juice dan tidak menggunakan blender apalagi juicer. untuk sayur dan buah organik anda bisa mengkonsumsi beserta kulitnya, misalnya wortel atau jambu, tidak perlu dikupas.

makan sayur buah jadi hobi

– kunyah makanan anda sebanyak 33 x. nikmati dan jangan terburu-buru. mengunyah makanan akan menghasilkan enzim pencernaan, beda dengan juice yang tanpa proses mengunyah, langsung masuk ke perut.

– mungkin anda akan merasa pegal karena mengunyah, rasa pegal ini menunjukkan otot pipi anda sedang bekerja dan akan membuat pipi anda kencang. anda tidak perlu melakukan suntik botok atau face lift. sebenarnya berkumur ketika melakukan wudlu juga salah satu yang membuat pipi anda kencang, apalagi jika anda sering memperbaharui wudlu -sesuai sunnah- dan sering melaksanakan shalat sunnah (tapi shalatnya harus karena Allah ya… 🙂 )

– makanan mentah yang telah dicuci bersih, -lebih baik jika mengkonsumsi sayuran dan buah organik- memiliki enzim yang bermanfaat untuk kesehatan, belilah sayur dan buah segar, bukan yang sudah layu.

3. tidur cukup di malam hari, belakangan muncul berbagai jenis makanan dan minuman kesehatan yang mengklaim memiliki kandungan antioksidan tinggi padahal tubuh kita juga mampu menghasilkan antioksidan yaitu pada saat tidur di malam hari, oleh sebab itu jangan begadang atau keluar malam untuk clubbing misalnya, lebih baik tidur sehingga tubuh kita bisa beristirahat.

makanan yang mengandung antioksidan adalah bawang putih,  masaklah makanan sendiri di rumah dan tambahkan jumlah bumbu bawang putih karena masakan di luar pastinya minim/irit bumbu demi menekan ongkos produksi (saya memasak makanan yang mengandung bawang putih sebanyak 5-10 butir dalam satu kuali), di filipina bawang putih dimakan mentah, hanya melalui proses pembakaran -seperti sate- sekejap. bahkan salah satu buku kesehatan menyarankan untuk makan bawang putih mentah dicampur madu tapi bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag harus berhati-hati dan sebaiknya jangan makan bawamg putih mentah sampai maag anda sembuh.

4. cukup minum air putih, pilih merk air putih yang baik, makanan untuk kulit adalah oksigen dan didalam air putih terkandung banyak oksigen dan mineral, baik untuk tubuh. minum air putih berguna untuk mengeluarkan racun di tubuh secara alami, racun di udara yang kita hirup (misal: asap kendaraan) atau dari makanan (misal: pengawet atau pewarna makanan) adalah salah satu faktor utama penyebab penuaan dini. merk yang saya konsumsi biasanya amidis atau rivero, keduanya adalah air mineral dengan proses riverse osmosis. boleh juga mengkonsumsi air putih embun bambu (sunda: eul eul), masih jarang dijual, salah satu yang punya jenis air ini adalah BRC, bekam ruqyah center, silahkan searching di google. semua merk tersebut bukan sponsor 🙂

5. kurangi konsumsi daging-dagingan. tubuh kita hanya perlu asupan daging sedikit, sekitar 48 ppm (part per million), artinya satu porsi daging yang kita konsumsi setiap hari bisa untuk memenuhi kebutuhan beberapa hari setelahnya. sedikit sekali kan? bahkan terlalu banyak makan daging disinyalir sebagai salah satu penyebab penyakit kanker. ini sebabnya belum pernah kita dengar seorang vegetarian (karena agama atau gaya hidup) memiliki penyakit kanker.

hal yang perlu dicatat, tubuh kita memproses makanan daging-dagingan dalam waktu cukup lama, butuh waktu empat jam untuk memproses daging, ini akan menghabiskan banyak energi dan enzim tubuh kita, beda halnya dengan sayur dan buah, tubuh kita hanya perlu waktu 1 jam untuk mencernanya. ini juga perlu jadi perhatian, pisahkan menu sayur buah dan daging, konsumsilah pada waktu yang berbeda karena mengkonsumsi buah sayur bersamaan dengan daging akan membuat sayur buah tidak tercerna dengan baik , buah akan ‘terjebak’ selama 4 jam diantara daging, sehingga ketika buah sampai di usus, maka usus akan menyerap sayur buah yang sudah dalam kondisi membusuk. ini sebabnya kenapa ada orang makan sayur buah tapi tetap sakit. karena kesalahan pola makan.

6. jaga pencernaan anda agar tetap bersih, buang air besar sebaiknya dilakukan setiap hari (tapi ada juga yang setiap 2 hari karena tubuhnya menyerap banyak nutrisi, menghasilkan sedikit ampas sisa pencernaan), makanlah makanan berserat alami seperti sayur dan buah.

7. olahraga teratur, mulai dari yang paling mudah, minimal jalan kaki lebih baik jika bisa lari (jogging) usahakan terus meningkat sampai 3x seminggu, pagi hari selama 15 menit, jangan lupakan pemanasan – pendinginan. ini akan mendukung proses pencernaan karena metabolisme tubuh jadi lebih baik, juga memaksimalkan proses pengeluaran racun dari tubuh. melancarkan peredaran darah, jangan lupa bahwa nutrisi dari makanan diserap oleh usus dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.

7. shaum atau puasa. pada saat berpuasa, tubuh kita beristirahat dan organ hati yang bertugas membuang racun tubuh akan bekerja maksimal. seperti sudah dibahas sebelumnya, racun atau toksid (toxic) adalah penyebab utama penuaan dini. jika anda bukan muslim, ada beberapa jenis puasa yang bisa dilakukan, salah satunya adalah puasa air putih yaitu tidak makan minum sehari dan hanya mengkonsumsi air putih.

8. banyak melakukan dzikir sesuai sunnah bagi yang beragama islam, diluar islam ada juga meditasi dan olahraga pernafasan. pada saat kita menarik nafas dan menghembuskannya perlahan-lahan, selain rileks dan melepas stres, tubuh kita mengkonsumsi oksigen dalam jumlah besar, seperti sudah dikatakan sebelumnya, oksigen adalah makanan untuk kulit. dr. gillian mckeith dari amerika menyarankan untuk melakukan hal ini 5 menit setiap hari. bagi yang beragama islam lakukan bacaan shalat perlahan-lahan, begitu juga ketika membaca al-qur’an. tarik nafas dalam lalu keluarkan perlahan sambil membaca atau berdzikir.

demikian beberapa resep awet muda yang sudah terbukti efektif, masih banyak poin yang ingin ditambahkan tapi sekian dulu untuk sekarang. akan disambung lagi di lain waktu, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s